Laporkan Masalah

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD Studi Kasus pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967

Linawaty, Dr. Mamduh M. Hanafi, MBA.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang asuransi kerugian yang berfungsi sebagai pemberi jasa proteksi terhadap perusahaan retail dan corporate guna memfasilitasi skala ekonomi dalam investasi dan mendorong efisiensi perekonomian nasional. Persaingan Global menuntut PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 untuk memperbaiki kinerja dengan bekerja lebih keras, lebih inovatif dan kreatif menciptakan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Selama ini pengukuran kinerja yang dilakukan PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 masih memberikan perhatian besar pada aspek keuangan yang bersifat jangka pendek, sehingga terdapat kecenderungan untuk mengabaikan kinerja non keuangan, seperti kepuasan pelanggan, produktivitas dan cost-effectiveness proses yang digunakan untuk menghasilkan produk dan jasa, dan keberdayaan serta komitmen karyawan dalam menghasilkan produk dan jasa bagi kepuasan pelanggan. Pengukuran kinerja PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 menggunakan pendekatan Balanced Scorecard meliputi empat aspek yaitu pengukuran kinerja terhadap aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek proses bisnis/intern, serta aspek pembelajaran dan pertumbuhan. Konsep ini digunakan untuk menjabarkan visi dan misi PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Visi dan misi kemudian diuraikan menjadi beberapa sasaran strategis dan inisiatif strategis ke dalam masing-masing perspektif Balanced Scorecard. Sasaran strategis yang ingin dicapai PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 ada 11, sedangkan inisiatif strategis yang dijalankan untuk mencapai sasaran strategis ada 17 langkah. Berdasarkan pengolahan data dengan metode Balanced Scorecard didapat skor akhir kinerja PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 adalah 89.73% termasuk kategori baik walaupun masih jauh dari target 100 persen. Skor kinerja masing-masing perspektif adalah sebesar 65.84 persen untuk perspektif keuangan, untuk perspektif pelanggan sebesar 96.50 persen, untuk perspektif proses bisnis internal, sebesar 100 persen dan terakhir untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebesar 86.66 persen, sehingga total skor keseluruhan 89.73 dari total skor 100 dengan predikat “baik”. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan di masa depan, manajemen perusahaan harus melakukan peninjauan kembali kebijakan yang menyangkut pengenalan produk ke masyarakat luas seperti pemasangan iklan dan reklame di media masa, istem penggajian karyawan, dan proses inovasi produk yang berkesinambungan, sesuai dengan tuntutan persaingan dan pemenuhan kepuasan terhadap karyawan dan pelanggan.

PT. Bumiputera Muda 1967 General Insurance is a private company that have a business in loss insurance sector that have a function as the giver of protection service to the retail company and corporate in order to facilitate economic scale in investment and to encourage the efficient of national economic. The global competition claim PT. Bumiputera Muda 1967 General Insurance in order to repair by the more harder work and more innovative and creative to create the products that can fulfill the needs of society. During this time, the measurement of performance that be done by PT. Bumiputera Muda 1967 General Insurance still give big attention to the finance aspect that have short term characteristic, so that there is a tend to ignore the performance of non-finance such as the satisfaction of customer. The measurement of performance of PT. Bumiputera Muda 1967 General Insurance use Balanced Scorecard Approach that involve four aspects namely the measurement of performance to the aspect of finance, aspect of customer, aspect of business process/intern, and aspect of learning and growth. This concept be used in order to describe vision and mission of PT. Bumiputera Muda 1967 General Insurance so that the purpose of company can be reached. After that vision and mission be described become some strategic target and strategic initiative in each Balanced Scorecard perspective. Strategic target that want to be reached by PT. Bumiputera Muda 1967 General Insurance are 11, meanwhile strategic initiative that be operated in order to reach strategic target area 17 steps. Base on the data processing by Balanced Scorecard be gotten last score of performance of PT. Bumiputera Muda 1967 General Insurance are 89.73% included well category event still so far from target 100 percent. Performance score of each perspective is for finance perspective is about 65.84 percent, for customer perspective is about 96.50 percent, for internal business process perspective is about 100 percent and finally for learning and growth perspective is about 86.66 percent, so that total of score entirely is about 89.73 percent (eighty nine, seventy three) from total of score 100 with “Good” predicate. In order to increase the performance of company in the future, management of company must do the review of policy that related about socialization of product to society widely such as the installation of advertising and add in mass media, employee salary system, and continuity product innovation process, as suitable with the claim of competition and the fulfilling of satisfactory to the employee and customer.

Kata Kunci : Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.