Laporkan Masalah

Persepsi stakeholders terhadap transparansi dan akuntabilitas pengolahan keuangan sekolah :: Studi kasus di SMAN se-Kabupaten Purworejo

IRIANTO, Surahman, Dr. Wihana Kirana Jaya, M.Soc.Sc

2008 | Tesis | S2 Magister Akuntansi

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui (1) ada/tidaknya perbedaan persepsi stakeholders terhadap transparansi pengelolaan keuangan sekolah menengah atas negeri se Kabupaten Purworejo serta faktor-faktor yang membedakan, dan (2) ada/tidaknya perbedaan persepsi stakeholders terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan sekolah menengah atas negeri se Kabupaten Purworejo serta faktor-faktor yang membedakan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMAN, karyawan SMAN, komite SMAN, tim peneliti RAPBS Dinas Pendidikan Kabupaten dan Anggota Komisi D DPRD berjumlah 918 orang dan sampelnya 259 responden. Hasil penelitian berdasarkan uji ANOVA menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan rata-rata persepsi stakeholders terhadap transparansi pengelolaan keuangan sekolah dan faktor-faktor yang membedakan persepsi transparansi adalah kejelasan peran dan tanggungjawab pengelola keuangan sekolah, ketersediaan informasi bagi publik, dan jaminan integritas, (2) terdapat perbedaan rata-rata persepsi stakeholders terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan sekolah dan faktor-faktor yang membedakan persepsi akuntabilitas adalah kualitas penyusunan dokumen APBS, laporan keuangan periodik dan tahunan, dan partisipasi stakeholders dalam menciptakan akuntabilitas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi satuan pendidikan agar menyediakan media informasi yang memungkinkan kemudahan bagi stakeholders untuk mengakses informasi mengenai laporan keuangan dan laporan hasil kinerja tahunan sekolah, dalam upaya untuk lebih meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan sekolah.

This research has objective to investigate (1) existence of different perception of stakeholder on transparency of financial management and differentiating factors and (2) existence of different perception of stakeholder on accountability of financial management and differential factors in public senior high schools in Purworejo regency. Population in this research was all teacher, employee, and school committee of public senior high schools, research team of RAPBS of the Regency Educational Office, and member of Commission D of Local Legislature, with total of 918 people and sample of 259 respondents. Result ANOVA test indicated that (1) there was different in perception of stakeholders on transparency of school financial management and factors that differentiating perception of transparency was clearness of role and responsibility of school financial management, information availability for public, and integrity assurance, and (2) there was average different in stakeholder perception on accountability of school financial management and factors differentiating the accountability perception is quality of making APBS document, periodic and annual financial report and participation of stakeholder in creating accountability. Based on result the result, educational unit should make available information media that make easy for stakeholders in accessing information on financial report and report of school annual performance result, in order to more improve transparence and accountability of school financial management.

Kata Kunci : Persepsi,Transparansi,Akuntabilitas,Pengolahan keuangan sekolah,perception, transparence,accountability,school financial management


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.