Laporkan Masalah

Pengaruh implementasi model praktek keperawatan profesional (MPKP) di Rumahsakit PKU Muhammadiyah Surakarta

ARISWATI, Rosnedy, Dra. Sumarni, MSi

2003 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar belakang: Rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai salah satu rumah sakit swsta di daerah Surakarta harus bersaing secara ketat karena disekitarnya kurang lebih terdapat 9 pelayanan rumah sakit negeri maupun swasta dan memberikan pelayanan kesehatan serupa. Keperawatan merupakan sumber daya dan aset rumah sakit yang harus di garap dengan baik agar tercipta suatu pelayanan yang lebih memuaskan karena hampir keseluruhan pelayanan pasien dilakukan oleh tenaga perawat. Perubahan desain pemberian asuhan keperawatan dengan model MPKP diharapkan dapat lebih meningkatkan profesionalitas dan tanggungjawab para perawat, sehingga pelayanan yang memuaskan pasien dapat lebih diharapkan. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental yang membandingkan kualitas asuhan keperawatan yang dinilai dari kualitas pendokumentasian keperawatan, kualitas tindakan, serta kepuasan pasien, antara model tim yang telah dipakai terlebih dahulu dengan Model Praktek Keperawata Profesional (MPKP) dengan menggunakan satu bangsal percobaan yang diperkirakan mewakili bangsal yang lain. Metode: Analisis dengan independent t-test dengan membandingkan penilaian dari 100 sampel dokumen dari sebelum dan sesudah perlakuan, analisis independent t-test untuk membandingkan penilaian 25 jenis tindakan dari sebelum dan sesudah perlakuan dengan masing-masing tindakan lima kali dan analisis independent t-test untuk membandingkan penilaian kepusasan pasien dari 86 pasien sebelum dan sesudah perlakuan Hasil: Analisis untuk uji dokumentasi didapat hasil signifikan (sig.=0.000) menunjukkan adanya pengaruh positif adanya perlakuan baru menggunakan MPKP serta kenaikan rerata dari tiap-tiap item dokumentasi keperawatan, Hasil analisis kepuasan pasien terhadap ketrampilan perawat menunjukkan rerata yang bergeser kearah puas, hasil analisis kepuasan pasien terhadap komunikasi perawat belum menunjukkan kenaikan kepuasan yang bermakna dan hasil analisis kepuasan pasien terhadap relationship perawat-pasien menunjukkan peningkatan sehingga untuk keseluruhan penilaian untuk uji kepuasan pasien didapat hasil yang signifikan (t=-2,421 dan p=0,017) dan nilai rerata sebelum perlakuan (86,19) dan (90,31) sesudah perlakuan menunjukkan pasien lebih puas dengan model asuhan keperawatan MPKP, Uji tindakan Analisis kelompok tindakan keperawatan dasar menunjukkan 54 % tindakan keperawatan dasar menunjukkan pengaruh positif penerapan MPKP dengan nilai sig.<0,05 sedang 46 % masih menunjukkan tidak ada pengaruh positif penerapan MPKP dengan nilai sig.>0,05, dan Analisis kelompok tindakan keperawatan lanjut 66.67 % menunjukkan pengaruh positif penerapan MPKP dengan nilai sig.<0,05 sedang 33,33 menunjukkan tidak ada pengaruh positif penerapan MPKP dengan nilai sig.>0,05 Kesimpulan: Ada pengaruh positif implementasi Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) terhadap kualitas pelayanan keperawatan dan tingkat kepuasan pasien.

Background: PKU Muhammadiyah Hospital, Surakarta is a private hospital in Surakarta that should compete with 9 private and state hospitals with similar health services. Nursing is the resource and asset of the hospital that should be managed well so as to create a more satisfying service. This is so because most services for patients are done by nurses. The changing design of nursing care through MPKP or professional nursing practice module is expected to improve nurses’ professionalism and responsibility. This was a quasi-experimental study comparing the quality of nursing care assessed through nursing documentation quality, treatment quality, patients’ satisfaction between team model that was previously applied and that with professional nursing practice model (MPKP). The study used a ward expected to represent other wards. Methods: Analysis with independent t-test by comparing 100 document samples taken before and after treatment; independent t-test analysis to compare 25 types of treatment taken before and after treatment of which each treatment was done 5 times and independent t-test analysis to compare patients’ satisfaction measurement from 86 patients before and after treatment. Results: The analysis for documentation test showed significant result (sig.=0.000) and the average improving from each nursing documentation items in which there was a positive effect of MPKP treatment. The result of patients satisfaction analysis to nursing’s skills showed average of choosing to satisfied, result of patient satisfacation analysis to nursing’s communication had not showed improvement significant and result of patient satisfaction analysis to relationship between patient–nursing showed average improvement, patients’ satisfaction test showed significant result (t=2.421 and p=0.017) and the average values before and after treatment were (86.19) and (90.31). After treatment, patients were more satisfied with MPKP nursing care; analysis of group of basic nursing care showed 54% and there was positive effect of MPKP applied with sig<0.05, while 46% had not showed positive effect of MPKP applied with sig>0.05. The analysis of group of advanced nursing care was 66.67% showed positive effect of MPKP applied with sig<0.05; while 33.33 had not showed positive effect of MPKP applied with sig>0.05. Conclusion: There was positive effect of implementing professional nursing practice model (MPKP) on nursing care quality and the level of satisfaction among patients.

Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Keperawatan,MPKP, hospital service improvement, nursing care quality, patients’ satisfaction


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.