Laporkan Masalah

Analisis kepuasan pelanggan kartu pra bayar IM3 Smart

WIDYASYATMA, August Deva, Dr. Basu Swastha Dharmmesta, MBA

2002 | Tesis | Magister Manajemen

Tingkat persaingan perusahaan sangat ketat terlihat dari banyaknya failitasfasilitas pelayanan baru yang diciptakan untuk menarik konsumen baru ataupun metnpertahadm konsumen lama. Adanya berbagai fasilitas yang diberikan kepada pelanggan kartu pra bayar akan memacu pelanggan untuk tetap menggunakan kartu pra bayar IM3. Fasilitas yang diberikan kepda konsumen ini jika dilakukan secara terus menerus dan dilakukan dengan memberikan berbagai kemajuan yang lebih inovatif &an menyebabkan konsumen merasa puas dan konsumen tersebut akan menjadi pelanggan kartu pra bayar IM3. Metode analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan Regresi Berganda dan Regresi Sederhana dengan diikuti asumsi klasik yang akan menguatkan persamaan regresi yang didapatkan. ,Sedangkan data didapatkan dari penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 yang diambil dengan Purposive Sampling. Hasil dalam penelitian ini adalah a) ada pengaruh antara Witas yang dirasakan dan harapan pelanggan terhadap nilai yang dirasakan, ha1 ini yang sesuai dengan hipotesa pertama yaitu ada pengaruh yang signifikan antara kualitas yang dirasakan dan harapan pelanggan terhadap nilai yang dirasakan. b) ada pengaruh antara kualitas yang dirasakan, harapan pelanggan dan nilai yang dirasakan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini yang seSuai dengan hipotesa yang kedua yaitu ada pengaruh yang signifikan mtara kualitas yang dirasakan, harapan pelanggan dan nilai yang dirasakan terhadap kepuasan pelanggan. c) ada pengaruh antara harapan pelanggan terhadap pengukuran kualitas yang dirasakan, hal ini yang sesuai dengan hipotesa yang ketiga yaitu ada pengaruh yang signifikan antara harapan pelanggan terhadap pengukuran kualitas yang dirasakan.

Competition level among companies is very tight, today. It can be seen in which there are many new services created to attract new/potential customers as well as the old one. Various facilities provided to the prepaid card subscribers will remain the subscribers to use IM3 card The facilities given to the customers, if provided continuously together with more innovative progress, will make the customers more satisfied and they will keep being the subscribers of IM3 card. Data analysis method used Multiple regression and Simple Regression followed by classical assumption that will reinforce the obtained regression equation. While, the obtained data was from distributing questionnaire. Sample in the research was 150 taken from Purposive Sampling. The results of this research are a) there is influence between the perceived quality and the customers’ expectations toward the perceived value, it is consistent with the first hypothesis that there is significant influence between the perceived quality and the customer’s expectation toward the perceived value. b) There is influence between the perceived quality, the customers’ expectation and the perceived value toward the customers’ satisfaction; it is consistent with the second hypothesis that there is influence between the perceived quality, the Customers’ expectation and the perceived value toward the customers’ satisfaction. c) There is influence between the customers’ expectation toward the perceived quality measurement; it is consistent with the third hypothesis that there is influence between the customers’ expectation toward the perceived quality measurement.

Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan,Kualitas Layanan, customer satisfaction, perceived value, perceived quality, customer expectation, simple regressions and multiple regressions


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.