Laporkan Masalah

Analisis pengaruh karakteristik produk terhadap adopsi konsumen pada produk baru

WARDHANI, Rusliana Kusuma, Drs. Sari Winahjoe, MBA

2002 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian berjudul Analisis Pengaruh Karakteristik Produk terhadap Adopsi Konsumen (studi kasus pada produk antiseptik pembersih tangan tanpa air) ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh karakteristik produk terhadap adopsi konsumen serta sejauh mana pengadopsian konsumen yang ada saat ini pada produk antiseptik pembersih tangan tanpa air. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah fact jinding research yaitu melalui survai pada 100 responden yang diambil dari populasi penduduk DIY yang berada pada tingkat sejahtera, peduli pada kesehatan dan kebersihan serta minimal telah mencapai tahap percobaan (trialibility) terhadap produk antiseptik pembersih tangan tanpa air. Data penelitian diperoleh melalui informasi yang diterima langsung berdasarkan jawaban responden pada 22 butir pertanyaan, yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode regresi dan korelasi berganda 5 prediktor digunakan untuk mengetahui pengamh dan hubungan karakteristik produk terhadap adopsi konsumen. Sedangkan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengadopsian konsumen pada produk antiseptik pembersih tangan tanpa air digunakan metode pengukuran skala rentang kendali. Koefisien korelasi berganda (Multiple R) yang diperoleh sebesar 0,836 menunjukkan bahwa hubungan antara variabel independen yaitu katakteristik produk yang terdiri dari relative advantagel compatibilityl complexity, divisibility/trialibility dan communicability memiliki hubungan yang erat dengan variabel dependennya yaitu adopsi konsumen. Variabel karakteristik produk hanya sanggup menerangkan atau hanya mempengaruhi variabel adopsi konsumen sebesar 69,8% sedangkan 30,2% mempakan variabel lain yang dapat mempengaruhi adopsi konsumen. Nilai t hitung dari kelima variabel independen yaitu karakteristik produk memiliki harga yang lebih besar dari harga t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa secara individual variabel independen yaitu karakteristik produk yang terdiri dari relative advantage, compatibilityl complexity, divisibility/trialibility dan communicability adalah faktor penting dalam memprediksikan adopsi konsumen serta memiliki pengaruh yang signifikan terhadap adopsi konsumen pada produk antiseptik pembersih tangan tanpa air. Pengaruh terbesar ada pada variabel communicability yang memiliki nilai t hitung sebesar 6,686 selanjutnya disusul oleh variabel relative &antage (3,2 1 S), compatibility (2,473), divisibility/trialibility (2,186) dan pengaruh terkecil ada pada variabel complexity yang memiliki nilai t hitung sebesar 2,092. Sedangkan secara keseluruhan variabel karakteristik produk memiliki hubungan dan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel adopsi konsumen, ha1 ini ditunjukkan dari an& 44,565 (F hitung) yang lebih besar dari 2,21(F tabel). Pengukuran skala rentang kendali menunjukkan bahwa pengadopsian konsumen yang ada saat ini menyatakan bahwa responden setuju untuk mengadopsi produk antiseptik pembersih tangan tanpa air. Hal ini ditunjukkan oleh angka hasil pengukuran skala rentang kendali sebesar 361,l yang berada pada rentang skala antara 343 sampai dengan 423.

The research entitled “Analysis Influence of Product Characteristics to The Consumer Adoption” (a case study on instant hand sanitizer) aim to know the relationship and influence of the product characteristics to the consumer adoption, and also to know the current consumer’s adoption level of instant hand sanitizer. Research approach was used a fact-finding research through a survey at 100 respondent that were taken from the Daerah Istimewa Yogyakarta’s welfare citizen categories, citizen whose care on health and cleanliness, and had already tried to use instant hand sanitizer product (trialibility). Research data information was gathered by using questionaires containing 22 question items, that have been tried through the reliability test and the validity test. Multiple 5-predictor regression and correlation method used to identie the influence and relationship product characteristic to the consumer adoption. Then, distance-reins scale was used to know the current consumer’s adoption level of instant hand sanitezer product. Coefficient of multiple correlation (Multiple R) 0,836 clarify that independent variables, product characteristics consist of relative advantage, compatibility, complexity, divisibility/triafibility and communicability that have strong correlation with the dependent variable (consumer adoption). Consumer adoption variables just can be explained or just regressed about 69,8% 6y product characteristic variables. Whereas, 30,2% can be explained and regressed by others variables. The value of t table from the five independent variables. i.e product characteristics has a higher value than the t table. It showed that individually, independent variables (product characteristics consist of relative advantage, compatibility, complexity, divisibility/trialibility and communicability) are important factors to predict consumer adoption, and also have significant influence to consumer adoption on instant hand sanitizer product. Communicability variables has the biggest influence with the t value = 6,686, followed by relative advantage variables (2,186), compatibility (2,473), divisibility/trialibility (2,186), and complexity variables have the less influence = 2.092. Totally the product characteristic variables have significant relationship and influence to the consumer adoption, which were explained by the F value = 44,565 that has a bigger value than F table = 2,21. The measurement of consumer adoption distance-reins scale explained that currently, the respondent agree to adopt instant hand sanitizer product in this moment. Its can be shown by the distance-reins scale’s value = 361,l which in the scale distance-reins between 343-423.

Kata Kunci : Manajemen Produksi,Analisis Produk,Adopsi Konsumen, Product characteristic (relative advantage, compatibility, complexity, divisibility/trialibility and communicability) and consumer adoption


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.