MEP 336.1 Dar s

Sistem dan prosedur audit aktiva tetap dan persediaan :: Studi kasus di Propinsi Bengkulu

Penulis

Darmanhuri

Pembimbing: Dr. Indra Bastian, MBA


ABSTRACT : This study was conducted at General and Equipment bureau Local Secretary of Bengkulu Province and oversight agency of Bengkulu Province. The objective of this study was to get description of implementation of Internal Affair and Local Autonomy Minister Decree No. 11, 2001, on Management of Local Goods, system and Procedure of Fixed Asset and Inventory Audit and how to asses fixed asset and inventory as a preparation to make local balance in 2002 2003 budget year. The data used in this study were secondary data, namely, implementation of fixed asset and inventory recording conducted by goods treasury, and goods administrator as well as audit report by oversight agency of Bengkulu Agency. %?Suit crf the anaiysis showed that fixed asset and inventoiy recording conducted by goods treasury, goods administrator did not conform with Internal Affair and Local Autonomy Minister Decree No. 11, 2001, on Management of Local Goods. In other side audit Report by oversight agency of Bengkulu Province just included planning and supplying of goods, implementation of goods administration, conformity with current regulation, and assessing effectiveness and whole program achievement. It have no audited on goods thoroughly that will result in how many goods unit, and its monetary value. Moreover, fixed assetl assessment used acquisition cost method and appraisal value. Inventory (office stationary) assessment has nor conducted yet.

INTISARI : Penelitian ini dilaksanakan pada Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Propinsi Bengkulu, dan Badan Pengawasan Propinsi Bengkulu. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran bagaimana pelaksanaan Pencatatan Aktiva tetap dan Persediaan apakah sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah Nomor 11 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Barang Daerah, Sistem dan Prosedur Audit Aktiva tetap dan Persediaan, serta bagaimana menilai Aktiva tetap dan Persediaan dalam rangka persiapan untuk penyusunan Neraca Daerah pada Tahun Anggaran 2003. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu Pelaksanaan Pencatatan Aktiva tetap dan Persediaan yarig dilaksanakan oieh Bendaharawan Bararig, dan Pengurus Barang serta laporan Hasil Pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Propinsi Bengkulu. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa Pencatatan Aktiva tetap dan Persediaan yang dilaksanakan oleh Bendaharawan Barang, Pengiirus Barang belum sepenuhnya sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah Nomor 11 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Barang Daerah, sedangkan Laporan Hasil Pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Propinsi Bengkulu baru meliputi perencanaan dan pengadaan barang, pelaksanaan administrasi barang, ketaatan kepada peraturan yang berlaku, dan menilai efektivitas serta penilaian pencapaian program, belum melakukan Audit terhadap barang secara menyeluruh yang akan menghasilkan berapa satuan unit barang' yang ada, dan berapa nilai rupiah terhadap barang tersebut. Selanjutnya Penilaian Aktiva tetap menggunakan metode harga perolehan, dan nilai taksiran. Adapun penilaian terhadap persediaan (alat tulis kantor) belum dilaksanakan.

Kata kunci Audit Aktiva,Persediaan Barang
Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan UGM
No Inventaris c.1 (1911/H/2002)
Deskripsi xi, 110 p., bibl., ills., 30 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2002
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali