Laporkan Masalah

PENGARUH DIMESI PARTISIPASI KONSUMEN DALAM KOMUNITAS ONLINE ALPHARIAN.COM PADA DIMENSI HASIL PARTISIPASI YANG DIMODERASI OLEH PREFERENSI INTERAKSI

LYON LASARUS, Dr. Shellyana Junaedi, M.Si

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat menuntut produsen untuk berpikir lebih kreatif untuk melakukan inovasi dalam bisnisnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga loyalitas konsumen dengan cara memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu berkembang seiring dengan perubahan zaman. Melihat pentingnya loyalitas konsumen dalam sebuah perusahaan, maka perusahaan memerlukan suatu cara untuk mengikat konsumen agar tidak berpaling ke produsen lain, salah satunya adalah dengan menggunakan komunitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi partisipasi konsumen dalam komunitas (identifikasi komunitas, kepuasan komunitas, dan degree of influence) terhadap tingkat partisipasi konsumen dalam komunitas, dan juga menganalisis hasil yang didapat oleh komunitas maupun produsen sebagai akibat dari partisipasi konsumen dalam komunitas (word of mouth, loyalitas komunitas, dan citra merek), yang dimoderasi oleh preferensi interaksi konsumen dalam komunitas. Penelitian ini dilakukan pada komunitas online Alpharian.com, yang merupakan komunitas pengguna kamera DSLR Sony Alpha. Komunitas ini didirikan oleh konsumen dari produk tersebut, dan masuk dalam kategori Consumer Generated Brand Communities (CGBC). Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik non probability sampling, dengan menyebarkan kuisioner pada forum komunitas online Alpharian.com. Pengujian validitas kuisioner dengan menggunakan metode Confirmatory Factor Analysis, dan uji reliabilitas dilakukan dengan membandingkan koefisien Cronbach’s Alpha. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji signifikansi alpha < 0,05. Analisis perhitungan data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu program IBM SPSS 21.0 for Windows. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa identifikasi komunitas dan kepuasan komunitas berpengaruh positif terhadap pastisipasi konsumen pada komunitas Alpharian.com, sedangkan degree of influence tidak berpengaruh signifikan. Hasil selanjutnya menyebutkan bahwa partisipasi konsumen berpengaruh positif pada word of mouth, loyalitas komunitas, dan citra merek. Preferensi interaksi yang menjadi variabel moderasi juga memberikan pengaruh pada hubungan antara partisipasi konsumen terhadap dimensi hasil.

A tough competition in the business world requires manufacturers to think more creative to make innovations in the business. This is done to maintain consumer loyalty by fulfilling the needs of consumers who always evolve with the changing times. Since customer loyalty is very important for a company, the company needs to find a way to bind consumers so that they will not turn to other manufacturers, which is by using a brand community. This study aims to analyze the dimensions of consumer participation in the community (community identification, community satisfaction, and the degree of influence) on the level of consumer participation in the community, and also to analyze the results obtained by the community and producers as a result of consumer participation in the community (word of mouth , community loyalty, and brand image), which is moderated by the interaction preferences of consumer in the community. This research was conducted to Alpharian.com online community, which is the community of the Sony Alpha DSLR camera users. This community was founded by the consumer of the product itself, and in the category of Consumer Generated Brand Communities (CGBC). This study used a survey method with a non-probability sampling technique, by distributing questionnaires to the online community forum of Alpharian.com. The validity of the questionnaires is tested by using Confirmatory Factor Analysis, and the reliability testing is done by comparing the coefficient of Cronbach's Alpha. The hypothesis are tested by using a test of significance alpha < 0.05. Analysis of the data calculations performed using multiple linear regression with the program aids IBM SPSS 21.0 for Windows. The results of the studies suggest that the identification of community and community satisfaction have positive influence on consumer participation in community Alpharian.com, while the degree of influence has no significant effect. Next result states the positive effect of consumer participation on word of mouth, community loyalty, and brand image. Preference interaction, which is moderating variable, also influence the relationship between consumer participation and the dimensions of the result.

Kata Kunci : Brand Community, Dimensi Partisipasi Konsumen, Dimensi Hasil Partisipasi Konsumen, Preferensi Interaksi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.