Laporkan Masalah

KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF DIDASARKAN PADA VARIABEL DEMOGRAFI STUDI DI YOGYAKARTA

ASCASAPUTRA ADITYA, Bayu Aji Aritejo, MM., M.Si.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakteristik demografi konsumen yang memiliki kecenderungan pembelian impulsif, jenisjenis produk yang dibeli secara impulsif, hubungan antara kecenderungan pembelian impulsif dengan jumlah jenis produk yang dibeli secara impulsif, hubungan antara kecenderungan pembelian impulsif dengan frekuensi pembelian jenis produk yang dibeli secara impulsif, dan kecenderungan pembelian impulsif berdasarkan usia, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan, dan pendapatan atau uang saku. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, penelitian dilakukan di Daerah IstimewaYogyakarta. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan ukuran sample 312. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan wawancara (pre test). Alat analisis yang digunakan, yaitu analisis cluster two step, korelasi Pearson’s Product Moment, uji bedattest,dan One Way ANOVA. Hasil dalam penelitian ini adalah karakteristik demografi konsumen yang memiliki kecenderungan pembelian impulsif adalah usia 14-16 tahun, belum menikah, uang saku ≥ Rp1.000.000, berpendidikan sekolah menengah, berjenis kelamin perempuan. Jenis produk yang dibeli secara impulsif adalah kategori makanan dan pakaian. Hasil yangteruji signifikan adalah hubungan antara kecenderungan pembelian impulsif dengan frekuensi pembelian jenis produk yang dibeli secara impulsif, kecenderungan pembelian impulsif berdasarkan jenis kelamin, status perkawinan. Hasil yang teruji tidak sepenuhnya signifikan adalah kecenderungan berdasarkan usia dan pendidikan. Hasil yang teruji tidak signifikan adalah kecenderungan pembelian impulsif berdasarkan pendapatan atau uang saku, hubungan kecenderungan antara pembelian impulsif dengan jumlah jenis produk yang dibeli secara impulsif.

This study aimstoanalyze thedemographic characteristicsof consumerswhotend tohave impulsive purchases, the types ofproducts purchasedon impulse, the relationshipsbetweenimpulsive buying tendencyby the numberof productspurchasedon impulse, the relationshipsbetweenimpulsive buyingtendencyofthefrequency productspurchasedimpulsively, andimpulsive buyingtendencybased onage, gender, marital status, education, andincomeorallowance. This study is akind of descriptivestudy, in which the researchwas conducted in the Special Region of Yogyakarta. Samplecollection techniqueused purposive sampling techniquewith asamplesize of312. Thetechnique of collecting dataused questionnairesandinterviews(pre-test). Analytical tool used in theis research are thetwo-stepclusteranalysis, Pearson's product momentcorrelation, different testttest, andOne WayANOVA. The resultsinthis studyarethe demographic characteristicsof consumerswhohave tendencies tobuy impulsivelyare14-16yearsof age, unmarried, allowance≥1,000,000, high school education, female. Types ofproducts purchasedon impulseare the category offoodandclothing. The results testedsignificantlyarethe correlationbetweenthe frequencyproductspurchasedimpulsively,the impulsive buyingtendencybased on gender, and the impulsive buying tendency based on marital status. The resultswhich are not testedsignificantly are the tendencies by age andeducation. The other resultstestedinsignificantly are impulsive buyingtendencybased onincomeorallowance, and the relationshipbetweenimpulsive buyingtendency ofthe number productspurchasedimpulsively.

Kata Kunci : kecenderungan pembelian impulsif, demografi, jumlah jenis produk yang dibeli secara impulsif, frekuensi pembelian jenis produk yang dibeli secara impulsif, jenis produk yang dibeli secara impulsif, karakteristik demografi konsumen yang memiliki kecenderun


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.