Laporkan Masalah

PENGUKURAN MUTU OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION PADA UJI KOMPETENSI DOKTER GIGI INDONESIA (UKDGI) TAHUN 2012 – 2013 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PELL

INDRI KURNIASIH, dr Rr. Titi Savitri P, MA, M.Med.Ed, Ph.D

2015 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran

Latar belakang : Objective Structured Clinical Examination (OSCE) telah diketahui merupakan metode penilaian yang objektif, valid dan reliabel dan dapat digunakan untuk menilai kompetensi klinis sebagai bagian dari pendidikan profesi kesehatan. Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) telah berjalan sejak tahun 2007 dan telah mengalami beberapa kali perkembangan pada metode penilaian yang diterapkan. OSCE mulai diterapkan dalam UKDGI pada tahun 2012. Sebagai bentuk ujian dengan tipe high stake examination dengan penetapan hasil ujian yang harus dapat dipertanggungjawabkan, sudah seharusnya OSCE pada UKDGI memiliki kualitas yang sangat baik. Sebagai bagian dari proses kendali mutu terhadap UKDGI, maka diperlukan evaluasi mendalam terhadap kualitas dari komponen-komponen OSCE terutama mutu soal/station yang diujikan agar dapat memberikan gambaran yang lebih utuh tentang kualitas OSCE yang digunakan dalam UKDGI. Tujuan: Melakukan pengukuran terhadap mutu soal/station OSCE yang diujikan dalam Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) periode tahun 2012 dan 2013. Dengan harapan hasil pengukuran tersebut dapat menjadi dasar ilmiah dalam mengevaluasi kualitas OSCE pada Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) periode tahun 2012 – 2013. Metode: Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriftif analitik. Penelitian menggunakan data sekunder berupa rekap data checklist penilaian OSCE UKDGI tahun 2012 - 2013. Seluruh data dianalisis menggunakan sejumlah metrik yang dianjurkan dalam model Pell yaitu : Cronbach’s alpha, koefisien determinasi R2, diskriminasi antar peringkat, angka kegagalan dan variasi antar kelompok untuk mengetahui mutu per item/station OSCE yang digunakan serta untuk menganalisa berbagai hal yang mungkin mempengaruhi hasil analisis antar metrik yang digunakan untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas OSCE UKDGI periode tahun 2012- 2013. Hasil. 22 station dari 64 station yang diujikan pada OSCE UKDGI tahun 2012-2013 memiliki nilai R2 > 0,5. Koefisien Cronbach’h alpha pada OSCE UKDGI tahun 2012 - 2013 berkisar antara 0, 415 – 0,719. Terdapat kandidat dengan skor sangat rendah serta terdapat sebaran nilai yang sangat luas yang mempengaruhi kenaikan nilai diskriminasi antar peringkat station-station pada OSCE UKDGI periode tahun 2012- 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka kegagalan pada station yang mengukur domain psikomotor pemeriksaan fisik dan station yang mengukur kemampuan di bidang ilmu radiologi dental mempunyai angka kegagalan tertinggi dibanding station yang mengukur domain psikomotor dan bidang ilmu lainnya. 16 station dari 64 station yang diujikan selama periode tahun 2012-2013 mempunyai variasi skor > 30%. Kesimpulan. Diperlukan upaya perbaikan dan peningkatan mutu station-station yang pernah diujikan pada OSCE UKDGI tahun 2012 -2013 jika station-station tersebut akan digunakan pada uji kompetensi berikutnya.

Background : Objective Structured Clinical Examination (OSCE) has been known as an objective, valid, and reliable assessment to measure clinical competence that is crucial in health profession education. Indonesian dental competence test (Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia) has started at 2007 and had been developed for several times on its assessment method. OSCE has implemented in UKDGI since 2012 as a part of test high stake examination with full responsibly result, it is necessary for such test to have the best quality. Evaluation in every component of the test acts as the quality control of OSCE. Every question/stations has to be evaluated in order to make a distinct description of OSCE quality which will be implemented on the test. Aim:This study aimed to assess the quality of question/stations that tested in National Dental Competence Examining of Indonesia (UKDGI) period of 2012 and 2013. Method: This study was analytic descriptive study using secondary data of checklist that has taken in OSCE UKDGI period of 2012 – 2013. Data were analyzed using 5 metric of Pell method that consist of Cronbach’s alpha, coefficient of determination R2, inter-grade discrimination, number of failured, and between group variation to determine the quality of each item/station OSCE that has tested and analyze factor that influence analysis result between metric . This measurement will describe the quality of OSCE UKDGI which has tested in period of 2012 -2013. Result: Result of this study indicate that only 22 stations between 64 tested in OSCE UKDGI in 2012 - 2013 has R2 coefficient > 0.5. Cronbach’s Alpha coefficient value in OSCE UKDGI year of 2012-2013 were about 0.415 - 0.719. There are a candidate with a very low score and there is a very wide spread of values that affect the increase of value of inter-grade discrimination of stations in the OSCE UKDGI periode of 2012-2013. The results showed that the rate of failure of the station that obtained by physical examination and psychomotor domains station that obtained by the ability of science degree in dental radiology has the highest failure rate than stations that measure the psychomotor domain and other disciplines. Sixteen station of 64 tested in OSCE UKDGI has score variation >30%. Conclusion : It is necessary to increase the quality of stations that has tested in OSCE UKDGI period of 2012 – 2013 if those station were expected to be used in a future.

Kata Kunci : OSCE, UKDGI, mutu, metrik


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.