Laporkan Masalah

KARAKTERISTIK KUAT CABUT TULANGAN DEFORM DENGAN LEM

ADHIE AKHMAD, Prof.Ir. Henricus Priyosulistyo,M.Sc,Ph.D.

2015 | Tesis | S2 MAGISTER PENGELOLAAN SARANA PRASARNA

Lekatan antara baja tulangan dan beton merupakan salah satu persyaratan dari struktur beton bertulanag. Diameter dan panjang penjangkaran tulangan sangat berpengaruh pada kelekatan beton dan tulangan. Kegagalan suatu struktur dapat disebabkan salah satu faktor kurangnya lekatan antara baja tulangan dengan beton. Oleh sebab itu perlu diperhatikan kuat lekat antara beton dan baja tulangan sebagai penguat beton agar diperoleh keseimbangan gaya antara baja tulangan dan beton sehingga dapat memperhitungkan keperluan penjangkaran. Tegangan lekat pada beton bertulang dapat dihitung berdasarkan gaya persatuan luas nominal baja tulangan yang diselimuti oleh beton. Untuk mengetahui karakteristik mengenai tinjauan tegangan lekat baja tulangan deform dengan variasi baja tulangan D10,D13,D16 dan variasi panjang penjangkaran 10d,13d,dan 15d terhadap beton normal. Penelitian ini menggunakan zat perekat HILTI RE-500 yang masing – masing benda uji dengan metode ‘pull-out test” Jumlah benda uji pada penelitian ini adalah 27 buah benda uji kuat cabut yang berupa kubus beton dengan diameter 150 mm dan tinggi 300 mm. Pada bagian tengah kubus beton ditanam tulangan ulir 10 mm, 13 mm dan 16 mm dengan variasi panjang penjangkaran (ld) masing-masing 10d,13d dan 15d masingmasing 3 buah benda uji. Dari hasil penelitian diperoleh tegangan lekat masing – masing penjangkaran 10d,13d dan 15 d hampir semua betonnya mengalami kerusakan sebelum baja tulangan luluh atau tegangan lekatnya maksimum khususnya untuk tulangan 13 mm dan 16 mm. Kegaagalan pada uji kuat cabut tulangan berupa tulangan tercabut beton masih utuh atau tulangan tercabut beton terbelah. Kata kunci : panjang penjangkaran,kuat cabut,HILTI RE-500,pull-out test

The bond behavior between steel reinforcement bars and concrete represents one of the requirements of reinforced concrete structure. Diameter and length of reinforcement anchoring give significant influence to the concrete and reinforcement bond. A structural failure can be based on the factor of inadequate bond between the reinforcement steel and the concrete. Therefore, it is important to notice the bond strength between the concrete and steel reinforcement (Bond Stress), in order to obtain balanced forces between reinforcement steel and concrete. This is useful to calculate the required anchoring. Bond stress can be calculated based on the force per area unit of the reinforcement steel nominal within the concrete blanket. To identify the characteristics of the reinforcement steel bond stress deformation, this research applied reinforcement steel variations of D10,D13,D16 and anchoring length variations of 10d,13d,dan 15d to normal concrete. This research used the HILTI RE-500 adhesive substance for each specimen under the “pull-out test method” This research used 27 specimens for pull-out test in the shape of cube concretes within 150 mm diameter and 300 mm height. In the middle part of the concrete cube, reinforcement threads of 10 mm, 13 mm and 16 mm were installed with anchoring length of (long distance) of 10d, 13d and 15d, respectively, each for 3 specimens. Results of this research indicated that the bond stress within each anchoring length of 10d, 13d and 15 showed damages before the reinforcement steel dissolved or at the condition of maximum bond stress, especially for the 13 mm and 16 mm reinforcements. Failure in the reinforcement pull out test was in the form of either intact or split concrete Keyword : anchorage length,Bond Stres, HILTI RE-500, pull-out test

Kata Kunci : panjang penjangkaran,kuat cabut,HILTI RE-500,pull-out test; anchorage length,Bond Stres, HILTI RE-500, pull-out test


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.