Laporkan Masalah

VALIDASI MODUL BERMAIN PERAN “AKU SAYANG KAWAN” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA DINI

SITA ALFIYAH, Dr. Wisjnu Martani, SU.

2014 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Ketika berinteraksi sosial anak-anak usia dini sudah mampu menunjukkan perilaku prososial. Ada sebagian anak-anak usia dini yang belum menunjukkan perilaku prososial misalnya tidak mau membantu teman ketika kesulitan maupun membagi makanannya. Perilaku prososial dikembangkan dengan terlebih dahulu menanamkan pengetahuan pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan validasi modul bermain peran “Aku Sayang Kawan” untuk meningkatkan pengetahuan tentang perilaku prososial pada anak usia dini. Hipotesis dalam penelitian ini adalah modul bermain peran “Aku Sayang Kawan” mampu meningkatkan pengetahuan tentang perilaku prososial pada anak usia dini. Metode eksperimen yang digunakan adalah the untreated control group design with dependent pretest and postest samples. Peserta penelitian terbagi kedalam kelompok kontrol (13 anak) dan kelompok eksperimen (11 anak). Hasil uji statistik menggunakan anava campuran menunjukkan nilai F = 27,20 (p<0.01). Hal tersebut berarti ada perbedaan yang signifikan skor pengetahuan tentang perilaku prososial dari pretest ke postest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Modul bermain peran “Aku Sayang Kawan” dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan tentang perilaku prososial pada anak usia dini.

In social relationship, early age children have been able to show a prosocial behavior. However, there are some early age children who have not performed this social behavior, for example helping their friends who have difficult problem or sharing their foods. Prosocial behavior is developed by firstly embedding knowledge in the early age children. The aim of this research is to carry out the validation of role play module “Aku Sayang Kawan” to improve the knowledge of prosocial behavior in the early age children. The hypothesis of this research was that the role playing module “Aku Sayang Kawan” could improve the knowledge of prosocial behavior in the early age children. The method of this research was the untreated control group design with dependent pretest and post test sample design experiment. The participants of this research were separated into control group (13 children) and experiment group (11 children). The result of statistical test using anova mixed design was the score F =27,20 (p<0,01). It means that there was significantly different knowledge score of prosocial behavior from pretest to post-test between experiment and control groups. The role play module “Aku Sayang Kawan” could be applied to improve the knowledge of prosocial behavior in the early age children.

Kata Kunci : pengetahuan tentang perilaku prososial, modul bermain peran, validitas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.