REALISME MAGIS DALAM CERPEN ARAJANG KARYA KHRISNA PABICHARA: KONSEP KARAKTERISTIK REALISME MAGIS WENDY B. FARIS
HASBI ASGA, Prof. Dr. Faruk, HT., SU.
2014 | Tesis | S2 SastraFokus penelitian ini adalah fenomena realisme magis dalam cerpen Indonesia modern yang berangkat dari adanya saling keterkaitan antara sastra Indonesia dan sastra Barat sebagai efek dari interaksi antara sastra Indonesia dengan sastra dunia secara terus-menerus. Hal itu berdampak pada kecenderungan cerpen Indonesia mengangkat kembali suara-suara yang termajinalkan dalam perspektif empirisme barat. Dengan segala citraan karya realisme magis yang dipandang irrasional yaitu mitos, legenda hidup, dongeng-dongeng tertentu, serta hal-hal bersifat mistik dari sebuah tradisi masyarakat. Khrisna Pabichara adalah salah satu cerpenis Indonesia yang mengangkat kembali suara-suara marginal dari kebudayaan Bugis-Makassar melalui cerpennya Arajang. Respon Khrisna terhadap isu-isu dalam konteks sosial, ideologis, dan diskursif diekspresikan melalui teknik naratif realisme magis. Konsep karakteristik realisme magis Wendy B. Faris dalam bukunya Ordinary Enchantments Magical Realism And Remystifiction of Narratives digunakan dalam penelitian ini, melalui beberapa tahap. Diawali dengan mengidentifikasi dan mengelompokkan elemen-elemen berdasarkan lima karakteristik realisme magis yang dirumuskan Faris, diikuti dengan menganalisis relasi antar elemen dan fungsi struktur elemen. Tahap berikutnya, mencari konteks sosial, ideologis dan diskursif yang diangkat oleh cerpen Arajang. Elemen magis sebagai wacana tradisional dijadikan pengarang sebagai cara pandang yang berbeda ditengah arus modernisme. Hadir dalam karakter tokoh, peristiwa, dan objek yang sebagai fenomena dunia real. Pengarang menyuarakan isu utama yaitu fenomena modernisme dalam kebudayaan Bugis Makassar.
The focuse of this research is magical realism phenomenon in Modern Indonesian short stories which departing from the relationship between indonesian literature and western, as an effect of literary interaction continously between Indonesian and western. The effect of this world literary interaction is there is a tendency that Indonesian short stories are lifted back the voices that marginalized in western empirical persective. In every image how magical realism works seen as irrational thing such as myth, living legend, fairy tales, and another mystical things that comes from one society tradition. Khrisna Pabichara is one of indonesian short story writer who lifted back the voice of marginal that happened in Bugis -Makassar culture, through his work entitled Arajang. He responded some issue about social context, ideology, and discursive that expressed by magical realism narrative technique. The concept of magical realism in Wendy B. Faris in his book entitled Ordinary Enchantments Magical Realism AndRemystifiction of Narratives is used in this research, through several stages. First, by identified and classified the elements according to the magical realism characteristics that have been formulated by Faris, and followed by generalized the relation between elements and element structure functions. The next stages is reaching the social context, ideology, and discursive that already pictured in Arajang short story. Magical element as a traditional discourse is used by the author as a different perspective in the middle of modern era. Which pictured by the figures, events, and objects that represented the real world. The author also voiced the main issue that is modernism in Bugis Makassar culture
Kata Kunci : Realisme, Magis, Araj ang, Mitos, Tradisional, Modernisme