Laporkan Masalah

WAYANG ONTHEL KOMUNITAS OLD BIKERS VELOCIPEDE OLD CLASSIC (VOC) MAGELANG

Figur Rahman Fuad, Dr. G. R. Lono Lastoro Simatupang, M.A

2014 | Tesis | S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa

Tulisan ini merupakan studi terhadap Wayang Onthel kreasi komunitas penggemar sepeda tua Old Bikers Velocipide Old Classic (VOC) di Magelang yang memanfaatkan onderdil sepeda tua sebagai bahan pembuatan wayang. Studi ini memfokuskan diri pada Wayang Onthel sebagai karya seni rupa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang penciptaan Wayang Onthel, bentuk dan karakterisasinya, serta relasi antara bentuk dan identitas komunitas VOC. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi seni, estetika, didukung dengan kajian kreativitas, identitas, dan semiotika. Adapun hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penciptaan Wayang Onthel didorong oleh keinginan komunitas VOC mencari media berkomunikasi dengan masyarakat dalam upaya sosialisasi program pemerintah. Proses kreatif kolektif dalam penciptaan wayang ini menghasilkan bentuk wayang yang unik yang terbuat dari onderdil sepeda bekas yang disusun dan disatukan. Karakterisasi wayang dicapai dengan pembedaan penggunaan onderdil dan pola penyusunannya. Keterbatasan onderdil sepeda dalam mengakomodir penanda visual dalam upaya karakterisasi wayang disiasati dengan penambahan material non-onderdil sepeda. Dalam perspektif tanda, keseluruhan bentuk Wayang Onthel merupakan tanda ikonis yang merujuk pada sosok-sosok manusia yang ingin dihadirkannya, sedang dalam unsur-unsur pembentuknya terkandung tanda indeksikal untuk mempertahankan citra Onthel sebagai identitas komunitas VOC.

This is a study on \\"Wayang Onthel\\", a creation made by the Old Bikers Velocipide Old Classic (VOC) community in Magelang, utilizing the old bicycle spare parts as the wayang-making materials. This study focuses on “Wayang Onthel” as a work of art. It is aimed at investigating the background of the creation of “Wayang Onthel”, its shapes and characterization, as well as the relation between the forms and the identity of VOC community. This study employs sociology of art and aesthetics approaches, supported by the studies on creativity, identity, and semiotics. The results of this study show that the making of “Wayang Onthel” is driven by the community’s desire to look for a media to communicate with the society in an effort to introduce government programs. Collective creative process in the making of this wayang is resulted in such unique forms of wayang made of old bicycle parts being compiled and put together. The wayang’s characterization is obtained through differentiating the use of spare parts and its arrangement patterns. The constraint of spare parts in accommodating visual markers in characterizing the wayang could be handled by the addition of non-spare parts materials. From the semiotic perspective, the overall shape of “Wayang Onthel” is an iconic symbol referring to human figures the wayang wants to portray. Meanwhile, in its forming elements lies an indexical symbol to maintain the “Onthel” image as the identity of VOC community.

Kata Kunci : Wayang Onthel, Gaya seni siap-pakai, Kreativitas, Identitas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.