Laporkan Masalah

THE ANALYSIS OF MARKETING COSTS: CASE OF ALQUEBY HOTEL

ERNEST HIDAYAT, Ertambang Nahartyo, M.Sc., Ph.D., CMA.

2014 | Skripsi | AKUNTANSI

Pemasaran merupakan salah satu fungsi manajemen yang memberikan kontribusi untuk kinerja dan tujuan perusahaan. Oleh karena itu, manajemen harus mampu menelaah efisiensi dan efektivitas dalam pengeluaran biaya pemasaran dalam rangka mencapai tujuan atau hasil optimum tertentu dalam bentuk hasil keuangan. Di karenakan, sebagian besar harapan waktu manajer tidak selalu terpenuhi oleh kinerja perusahaan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis biaya pemasaran dalam kasus Alqueby Hotel sebagai obyek studi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap laba bersih dan persentase hunian kamar dalam waktu 10 bulan (Agustus 2013 -Mei 2014). Penelitian ini menggunakan metode analisis data analisis deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan, dan analisis naratif. Dengan demikian, dapat menjadi dasar untuk analisis pemasaran biaya terhadap laba bersih dan persentase hunian kamar ini.

Marketing is one of management function that contributes to the performance and goals of company. Therefore, management should take care of the efficiency and effectiveness in spending on marketing costs in order to achieve certain objective or optimum return in terms of financial outcomes. Since, most of the time managers’ expectations are not always met by the performance of company. Thus, this research aims to give analysis on marketing costs in the case of Alqueby Hotel as an object study. This study objectives are to investigate the influence of marketing costs to net income and room’s occupancy percentage in the period of 10 months (August 2013 –May 2014). This study uses the data analysis methods of qualitative descriptive analysis, which is data reduction, data display, conclusion drawing, and narrative analysis. Thus, it can a basis for the analysis of marketing costs toward net income and room’s occupancy percentage.

Kata Kunci : biaya marketing, laba, persentase okupansi hunian, analisis deskriptif kualitatif


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.