Laporkan Masalah

PENGARUH PERMAINAN BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL TERHADAP PERILAKU KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA TAMAN KANAK-KANAK DI HUNIAN TETAP CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

RHYANMITA NARETA ROZA, Dr. Dra Sumarni D.W., M.Kes.

2014 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: Erupsi Merapi yang terjadi pada tahun 2010 di Kabupaten Sleman berdampak pada psikologis anak yang ditunjukkan adanya penurunan kemampuan konsentrasi belajar. Konsentrasi belajar yang buruk akan mengganggu perkembangan dan menghambat untuk menyelesaikan tugas anak. Salah satu penanggulangan penurunan konsentrasi belajar pasca erupsi Merapi adalah permainan berbasis kearifan budaya lokal. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan berbasis kearifan budaya lokal terhadap perilaku kemampuan konsentrasi belajar (PKKB) di Huntap Cangkringan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan rancangan pre-test and post-test control group design. Penelitian ini dilakukan di TK PKK Kuncup Mekar dan TK Balong pada bulan Februari-April 2014. Jumlah sampel sebanyak 25 anak pada kelompok intervensi dan 25 anak pada kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen Perilaku Kemampuan Konsentrasi Belajar dan analisis data menggunakan uji parametris t-test Hasil: Terdapat perbedaan skor PKKB signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Sebelum pemberian permainan berbasis kearifan budaya lokal, skor PKKB adalah 52,64±7,30 dan 53,44±6,82. Setelah pemberian permainan berbasis kearifan budaya lokal, skor PKKB adalah 71,64±5,47 (p=0,691) dan 54±6,29 (p=0,016). Kesimpulan: Ada pengaruh permainan berbasis kearifan budaya lokal terhadap PKKB belajar di Huntap Cangkringan Sleman Yogyakarta.

Background: Merapi eruption that occurred in 2010 in Sleman psychological impact on children who demonstrated a decrease in ability to concentrate on studies. Concentration of poor study will disrupt and impede the development of the child to complete the task. One response to a decrease in the concentration of study after the eruption of Merapi is local cultural wisdom games Objective: This study aimed to identify effect games of local cultural wisdom to concentration ability behavior of kindergarten student at dwelling Cangkringan Sleman. Method: The study was quasi-experimental with pre-test and post-test control group design. The study carried out on February-Mei 2014. Sample was children age 5-6 years old from 2 kindergarten near the shelter that consist of 25 children intervention group and 25 children control group. This study uses an instrument Concentration Ability Behavior and data of this study analized with parametric t-test Result: There was significant differences between intervention group and control group. Before intervention of local cultural wisdom games, concentration ability behavior score 52.64 ± 7.30 and 53.44 ± 6.82. After intervention, concentration ability behavior score 71.64 ± 5.47 (p = 0.691) and 54 ± 6.29 (p = 0.016). Conclusion: There was effect of games of local cultural wisdom to concentration ability behavior of kindergarten student at shelter in Cangkringan in Sleman.

Kata Kunci : permainan, perilaku konsentrasi belajar, anak-anak, bencana


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.