Laporkan Masalah

PENERAPAN MENU BUFFET BAGI TAMU GROUP DI SEJAHTERA FAMILY HOTEL AND APARTMENT YOGYAKARTA

GABRIEL INDRA S, Arina Pramusita, SIP., M.Si.

2014 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN

Industri perhotelan semakin berkembang. Maka dengan perkembangan hotel yang semakin pesat, Sejahtera Family Hotel and Apartment Yogyakarta, sebagai salah satu hotel dengan bintang tiga, menyediakan layanan yang terbaik bagi tamu, baik individu maupun group. Sebagian besar tamu yang berkunjung ke Sejahtera Family Hotel and Apartment Yogyakarta berasal dari tamu group. Oleh karena itu, semua Departemen Hotel berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi tamu, khususnya Departemen Food and Beverage. Departemen yang bertanggung jawab atas penyedia makanan dan minuman tersebut menggunakan buffet service untuk memudahkan pelayanan bagi tamu dalam jumlah banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembagian tugas Food and Beverage Department dalam melaksanakan menu buffet. Selain itu ada juga permasalahan dan solusi ketika menerapkan menu buffet, Serta koordinasi antar seluruh Departemen ketika menerima tamu group. Kunjungan tamu group merupakan salah satu penyumbang pemasukan terbesar bagi hotel karena setiap ada kunjungan dari tamu group, jumlah dana yang dikeluarkan bisa mencapai sekitar puluhan juta rupiah. Atas alasan itulah yang membuat Sejahtera Family Hotel and Apartment Yogyakarta selalu menjadi tempat yang cocok bagi tamu group untuk melakukan kegiatan wisata

Hotelier industry is growing rapidly. So with the hotel development that growing rapidly, Sejahtera Family Hotel and Apartment Yogyakarta, as a one of the three star hotel, provide the best service for guests both individual or group. Mostly guests who visited to Sejahtera Family Hotel and Apartment Yogyakarta are from group guests. Therefore, all Hotel Department try to give the best service for guest, especially Food and Beverage Department. Department which has responsible for food and beverage provider apply buffet service to make service for guest guests in large numbers easier The purpose of this research is to know the tasks of the Food and Beverage Department in implementing the buffet menu. In addition there are also problems and solutions when applying the buffet menu, also coordination among all Departments when receiving group guests. The visit of the group guest is one of the biggest revenue contributors for hotel because each visitation of group guest the amount of funds obtained can reach tens million rupiah. As the reason that make Se Sejahtera Family Hotel and Apartment Yogyakarta always be nice place for group guests to do the tourism activities.

Kata Kunci : prasmanan, tamu group


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.