Laporkan Masalah

ESTIMASI DAYA SERAP POHON TERHADAP EMISI KARBONDIOKSIDA (CO2) PADA WAKTU PUNCAK LALU LINTAS DI JALAN MALIOBORO HINGGA JALAN JENDERAL AHMAD YANI YOGYAKARTA

ARNITA DYAH DAFITRI, Emilya Nurjani, S.Si., M.Si

2014 | Skripsi | GEOGRAFI DAN ILMU LINGKUNGAN

Penelitian yang berjudul Estimasi Daya Serap Pohon Terhadap Emisi Karbondioksida Pada Waktu Puncak Lalu Lintas di Jalan Malioboro hingga Jalan Jenderal Ahmad Yani ini memiliki tujuan antara lain adalah 1) Mengestimasi kadar karbondioksida transportasi pada waktu puncak lalu lintas pukul 08.00- 09.00 WIB, 13.00-14.00 WIB dan 16.00-17.00 WIB di Jalan Malioboro hingga Jalan Ahmad Yani, 2) Mengestimasi besar karbondioksida yang dapat diserap oleh pohon di sepanjang Jalan Malioboro hingga Jalan Jenderal Ahmad Yani dan 3) Mengetahui cara untuk mengurangi emisi karbondioksida di sepanjang Jalan Malioboro hingga Jalan Jenderal Ahmad Yani. Data yang dipergunakan antara lain adalah data jumlah kendaraan bermotor, data jenis pohon, data karakteristik pohon dan data hasil wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode perhitungan besar karbondioksida adalah metode penelitian noneksperimental. Metode perhitungan daya serap pohon dilakukan dengan metode nondestruktif, sedangkan metode wawancara yang dilakukan kepada Unit Pelaksana Teknis Kawasan Malioboro adalah wawancara semi terstruktur. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar emisi karbondioksida yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor adalah antara 385 kgCO2/jam pada pagi hari, 499 kgCO2/jam pada siang hari, dan 565 kgCO2/jam pada sore hari. Jumlah emisi karbondioksida yang dapat diserap oleh pohon di sepanjang Jalan Malioboro hingga Jalan Jenderal Ahmad Yani sebesar 42.677 kgCO2 dalam seumur hidup pohon, sehingga banyak karbondioksida tidak bisa terserap. Nilai tersebut mencermin bahwa keberadaan pohon di Kawasan Malioboro belum efektif. Usaha Unit Pelaksana Teknis Kawasan Malioboro mengurangi emisi karbondioksida di sepanjang Jalan Malioboro hingga Jalan Jenderal Ahmad Yani adalah melakukan rekayasa transportasi, pemeliharaan pohon, dan memberikan sosialisasi sosial kepada masyarakat mengenai rencana Kawasan Malioboro

The purposes of this research are : 1) To estimate the levels of carbondioxide which produced by the transportation at peak traffic time 8.00-9.00 am, 1.00-2.00 pm and 4.00 - 5.00 pm in Malioboro to Jenderal Ahmad Yani street, 2) To estimate how much carbondioxide can be absorbed by the trees in Malioboro to Jenderal Ahmad Yani, 3) To determine how to reduce carbondioxide emissions in Malioboro to Jenderal Ahmad Yani street. The data used in this research include : the data of motor vehicles, the data of trees type, and the data gathered from interview. This research is conducted by field survey method and non experimental research method to calculate the carbondioxide. Nondestructive method is used to calculate the capacity of trees absorption. Meanwhile, the technical implementation unit Malioboro interview was conducted using semi-structured interview method. The data then analyzed using descriptive analysis. The results showed that carbondioxide emissions produced by motor vehicles is 385 kgCO2/hour in the morning, 499 kgCO2/hour in the noon and 565 kgCO2/hour in the afternoon. Carbondioxide emission which can be absorbed by the trees along Malioboro to Jenderal Ahmad Yani street is about 42.677 kgCO2 trees in a lifetime. Thus, large portion of carbondioxide emission cannot be absorbed. This result reflects that the presence of trees in Malioboro is not yet effective. To overcome this, technical implementation unit Malioboro made efforts in reducing the carbondioxide emission in Malioboro to Jenderal Ahmad Yani street, which are : conducting transportation engineer, protecting the trees, and giving a social socialization to the society about Malioboro area’s plans.

Kata Kunci : emisi karbondioksida, daya serap pohon terhadap karbondioksida, waktu puncak lalu lintas, Malioboro


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.