Laporkan Masalah

Political Marketing STRATEGI POLITICAL MARKETING PARTAI NasDem DALAM MENGHADAPI PEMILU 2014 DI PROVINSI ACEH

TEUKU HIDAYATUL AWWALIN, Drs. Cornelis Lay, S.IP, M.A.

2014 | Skripsi | ILMU PEMERINTAHAN (POLITIK DAN PEMERINTAHAN)

Ini adalah tentang bagaimana Partai Baru yaitu Partai NasDem mengatur strategi kampanye yang terbaik untuk meraih suara yang banyak dalam pemilu. Penelitian ini mengambil fokus di Provinsi Aceh, sebuah provinsi yang memiliki karakteristik berbeda dengan provinsi manapun di Indonesia mengingat diperbolehkannya Aceh untuk memiliki partai politik lokal. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi political marketing Partai NasDem dikombinasikan dengan aspek-aspek berbau “keacehan” untuk menyaingi dominasi Partai Lokal yang akan diimplementasikan dalam kampanye mereka di Aceh. Penelitian kualitatif ini memakai metode wawancara sebagai alat peneliti dalam mengembangkan hasil tulisan. Serta dengan memakai teori mengenai political marketing yang merupakan bagian dari komunikasi politik serta strategi kampanye yang mempunyai tiga pendekatan. Hasil penelitian terlihat bahwa Partai NasDem Aceh memainkan strategi kampanye seperti pull political marketing, yaitu strategi kampanye yang mengharuskan kandidat untuk berkomunikasi langsung dengan calon pemlih, push political marketing yaitu memanfaatkan media massa sebagai alat untuk menyampaikan pesan politik mereka, serta pass political marketing yang lebih mengandalkan adanya tokoh/kelompok yang bisa mempengaruhi pemilih. Ketiga strategi tersebut dipadukan dengan semangat keacehan serta pendekatan-pendekatan etnis yang diharapkan bisa memancing ketertarikan rakyat Aceh kepada NasDem. Kata kunci: Partai NasDem Aceh, Political Marketing, Strategi Kampanye, Push Political Marketing, Push Political Marketing, Pass Political Marketing, Pendekatan Etnis.

It is about how the New Political Party called the NasDem set the best campaign strategy to achieve many voters in the election. This study focuses on the province of Aceh, a provinces which have different characteristics with any province in Indonesia considering the permissibility of Aceh to have a political party local. This study also aims to determine how the strategy NasDem political party combined with the marketing aspects smelling \\\"Acehnese\\\" to rival the dominance of the local party will implemented in their campaign in Aceh. The qualitative research usesthe interview method as a tool for researchers in developing writing results. As well as by using the theory about political marketing which is a part of the political communication as well as a campaign strategy that has three approaches. results of the study seen that the Aceh Party NasDem plays such a campaign strategy pull political marketing, the campaign strategy that requires candidates to communicate directly with prospective voters, push political marketing that utilizes the media as a tool to convey their political message, and pass political marketing more rely on the existence of figures / groups that could influence voters. The third strategy is combined with the spirit of Acehnese and ethnic approaches are expected to provoke interest Acehnese people to NasDem. Keywords: NasDem Aceh Party, Political Marketing, Campaign Strategy, pull political marketing, push political marketing pass political marketing, Ethnicity Approach

Kata Kunci : Partai NasDem Aceh, Political Marketing, Strategi Kampanye, Push Political Marketing, Push Political Marketing, Pass Political Marketing, Pendekatan Etnis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.