Laporkan Masalah

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERIZINAN ONLINE DI KOTA YOGYAKARTA

CHARINA V B, Dr. Rini Rachmawati, M.T

2014 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAH

Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam kepemerintahan (e-Government) termasuk di dalamnya adalah penyediaan layanan publik (eservice) yang digunakan untuk berinteraksi dengan masyarakat menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, email dan internet. Kota Yogyakarta telah menyediakan website perizinan dan juga layanan perizinan online. Pemanfaatan layanan ini masih belum optimal seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan perizinan online, persepsi masyarakat terhadap layanan dan mengidentifikasi kebutuhan pengembangan layanan. Lokasi yang dipilih adalah Kota Yogyakarta sebagai cakupan layanan dari Dinas Perizinan Kota Yogyakarta yang telah mendapat predikat baik mengenai pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informasi didapatkan dari informan melalui teknik indepth interview dan hasil dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa layanan perizinan online merupakan inovasi sebuah layanan dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus perizinan. Layanan perizinan online ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Terdapat perbedaan persepsi pada masyarakat setelah mengetahui layanan, yaitu mendukung layanan perizinan online dengan segala manfaat kemudahan dalam pelayanan. Sebagian lain berpendapat bahwa pelayanan akan lebih baik bila dilaksanakan secara langsung. Implementasi e- Government ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance) sehingga mampu menyediakan pelayanan yang lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Adoption of information, communication and technology in government (e-Government) including the provision of public services (e-service) is used to interact with the citizen using electronic media such as telephone, fax, email and internet. Yogyakarta has implemented the utilization of website and also provides online licensing service. The use of this service has not been optimal yet. Therefore this study is aimed to describe the online licensing service; the public perception of the service; and also identifying the development needs of the service. The location chosen was the Yogyakarta Municipality that within Licensing Department Office service area and used public service based on information, communication and technology. This research used qualitative research method. Informants as the primary data are collected with in-depth interview and the results were analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. It was revealed that online licensing service was an innovative service in order to facilitate the citizen in processing license. This online licensing service has not been fully utilized yet by the. There are perception’s differences after knowing the services. One that supports the service benefits and the other one is the opinion that prefers a direct and face to face service is better. In Yogyakarta Municipality, implementation of e-Government aims to achieve good governance that be able to provide more effective, efficient, transparent and accountable service.

Kata Kunci : TIK, e-Government, persepsi masyarakat, pelayanan publik, online, good governance


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.