Laporkan Masalah

Dampak Ujian dengan MCQ terhadap Proses Belajar pada Mahasiswa FK Unhas

IRWIN ARAS, dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd., PhD

2014 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran

berganda) sebagai metode untuk menguji pencapaian hasil akhir belajar saat ini sudah sangat luas. MCQ sebagai instrumen penilaian dapat menimbulkan dampak pembelajaran, baik yang diharapkan maupun tidak diharapkan. Tujuan. Mengetahui berbagai dampak struktur, isi, informasi dan regulasi ujian dengan MCQ terhadap proses belajar mahasiswa FK UNHAS. Metode. Penelitian ini adalah survei deskriptif. Subjek adalah 505 mahasiswa FK Unhas fase akademik, yang terdiri dari angkatan 2010, 2011 dan 2012. Penyusunan instrumen penelitian didahului preliminary study untuk mengeksplorasi berbagai dampak pembelajaran dari metode MCQ. Berdasarkan studi tersebut, disusun kuesioner yang berisi 92 item kemungkinan dampak pembelajaran menggunakan rating scale. Selain itu juga mengukur tanggapan mandiri (free response). Selanjutnya jawaban mahasiswa dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu dampak yang diharapkan dan yang tidak diharapkan. Hasil. Struktur, isi, informasi dan regulasi dari soal berbentuk MCQ dapat menghasilkan dampak yang diharapkan seperti belajar dari berbagai sumber (74.4%), belajar secara berkelompok (96.2%), membuat mind mapping (37.9%) dan mendiskusikan kembali materi yang telah diujikan (96.2%). Adapun dampak yang tidak diharapkan berupa menjawab dengan menebaknebak saja (44.8%), belajar soal saja (93.5%), menyontek (33.7%) atau memotret soal ketika ujian (38.2%). Kesimpulan. Dampak pembelajaran yang tidak diharapkan dapat muncul pada soal MCQ yang secara struktur mengandung item flaws, yang isinya hanya menguji memorisasi, bukan aplikasi dari suatu ilmu, dan informasi soal yang tidak lengkap. Regulasi berupa ujian sumatif, akan mendorong mahasiswa mempersiapkan diri lebih sungguh-sungguh dibandingkan ujian formatif.

Background. The use of multiple choice question (MCQ) as a method to assess the achievement of learning outcomes has been very widespread. MCQ as an assessment instrument may give both expected and unexpected impact. Objective. To identify the impacts of MCQs in term of the structure, content, information and regulation on the learning process of student at Medical Faculty Hasanuddin University Method. The study was a descriptive survey involving 505 medical students from Hasanuddin University who were still in the academic phase, class of 2010, 2011 and 2012. Preliminary study was carried out to explore learning impacts caused by MCQs. Based on the result of preliminary study a questionnaire using rating scale was developed, consisting 92 items of possible learning impacts. Open ended questions were added to get free response from the students. The answers were classified into expected and unexpected learning impacts. Result. The structure, content, information and regulation of the MCQ method gave expected impacts such as learning from many sources (74.4%), group studying (96.2%), mind mapping (37.9%) and re-discussing the exam materials (96.2%). It also gave unexpected impacts such as guessing the answer (44.8%), only studying previous exams (93.5%), cheating (33.7%) and taking pictures of the exam papers (38.2%). Conclusion. Unexpected impacts can occur from the MCQ method, which structurally consists of item flaws, such as only assessing memorizing skills rather than the application of knowledge and incomplete information in the stem. The regulation, in the form of summative exam, will encourage students to prepare themselves more seriously if compared to the formative exam.

Kata Kunci : MCQ, dampak ujian, proses belajar


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.