Laporkan Masalah

PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN KECIL DENGAN ORIENTASI PEMBELAJARAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI

Budi Hasyim, SE., Dr. Amin Wibowo, MBA.

2013 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemediasian variabel orientasi pembelajaran pada pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja perusahaan kecil. Hipotesis yang diajukan adalah: Pertama, orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja. Kedua, orientasi .kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja. Ketiga, orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap kinerja. Keempat, orientasi pembelajaran sebagai variabel pemediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja. Kelima, orientasi pembelajaran sebagai variabel pemediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja. Subyek penelitian ini adalah perusahaan kecil di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berjumlah 262. Penelitian ini menggunakan metoda survey dengan instrumen penelitian berupa kuesioner dan metoda pengambilan sampel dengan nonprobability sampling, lebih spesifik purposive sampling. Variabel dalam penelitian adalah orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan sebagai variable independen, orientasi pembelajaran dan kinerja sebagai variabel dependen. Uji validitas menggunakan confirmatory factor analysis dan uji reliabilitas diukur dengan menggunakan koefisien crombach's alpha. Metoda analisis yang digunakan adalah teknik structure equation model. Hasil penelitian menunjukan bahwa, orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap kinerja. Orientasi pembelajaran sebagai variabel pemediasi berpengaruh secara parsial pada pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja.

This research aims to understand the mediating impact of learning orientation to the impact of market orientation and entrepreneur orientation with performance. The hypotheses that are proposed: first, market orientation will be positively impact to performance. Second, entrepreneur orientation will be positively impact to performance. Third, learning orientation will be positively impact to performance. Forth, learning orientation mediate impact of market orientation to performance. Fifth, learning orientation mediate impact of entrepreneur orientation to performance. The subject of this research are 262 small firm in DIY. This research use survey method with questionnere as a research instrument and nonprobability sampling method, purposive sampling in particular. The variables of this research are market orientation and entrepreneur orientation as independent variables, learning orientation and performance as dependent variables. To test the validity we use confirmatory factor analysis and to test the reliability we use coefficient of cronbach 's alpha. To test the hypothesis we use structure equation model. The result of this research shows that market orientation, entrepreneur orientation, and learning orientation is positively impact to performance. Learning orientation mediating the impact of market orientation and entrepreneur orientation with performace is partially mediating.

Kata Kunci : orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, orientasi pembelajaran, kinerja, perusahaan kecil


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.