Laporkan Masalah

SIKAP PETUGAS PUSKESMAS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MISKIN DI KABUPATEN MUKOMUKO

Zikri, dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA

2013 | Tesis | S2 Kesehatan Masyarakat/MMPK

Latar Belakang: Akhir tahun 2004 program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan bagi Masyarakat Miskin (JPKMM) diberlakukan dengan SK Menkes RI No. 1241/Menkes/SK/XI/2004 dimana pemerintah menunjuk PT. Askes (Persero) sebagai badan pelaksana program jaminan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat miskin. Surat Keputusan tersebut diperkuat dengan SK Menkes RI No.56/Menkes/SK/II/2005 tentang penyelenggaraan program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Miskin tahun 2005. Pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat miskin di Kabupaten Mukomuko masih belum sepenuhnya sesuai yang diharapkan. Masih ditemukannya masalah terhadap pelayanan kesehatan yang diterima oleh masyarakat miskin di Puskesmas Retak Mudik, yaitu masyarakat miskin masih mengeluhkan tentang pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan di loket pendaftaran, pelayanan BP umum dan pelayanan apotik. Hal ini dikarenakan anggaran untuk masyarakat miskin di Kabupaten Mukomuko rendah. Tujuan: Untuk mengetahui sikap petugas Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin di Kabupaten Mukomuko. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan, menggunakan rancangan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah petugas Puskesmas Retak Mudik di Kabupaten Mukomuko serta pasien miskin. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara mendalam dan check list. Hasil: Dalam menyediakan layanan kesehatan pasien mengalami kesulitan dalam mendapatkan pengobatan, pasien tidak membawa kartu askesin sebagai tanda pengenal dari kelompok masyarakat miskin, dalam memperoleh informasi tentang kesehatan pasien belum memahami informasi tentang proses jalannya pelayanan kesehatan di puskesmas. Kesimpulan: Perlu ada peningkatan sikap yang positif guna terbentuknya perilaku yang mencerminkan kesadaran bagi petugas kesehatan. Perlu dilakukan sosialisasi pada kelompok masyarakat miskin untuk menambah cara pandang masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Perlu adanya program yang mengatur tentang kebijakan yang di terapkan di dalam puskesmas.

Background: In the end of 2004 Health Insurance for the Poor program (JPKMM) was issued on the basis of RI health minister decree No. 1241/Menkes/SK/XI/2004 in which Government assigns PT. Askes (Persero) as the organizing body (Bapel) of Health Insurance for the Poor program (JPKMM). The decree was confirmed by RI health minister decree No. 56/Menkes/SK/II/2005 about the Implementation of Health Insurance for the Poor program Year 2005. The implementation of health service for the poor in Mukomuko District has not been as it is expected. There have been problems in health service for the poor in Retak Mudik Health Center. Those problems arouse due to the complaint of the poor about the service provided by the health worker in the admission desk, general clinic service and pharmacy service. This is because the budget allocated for the poor is low in Mukomuko District. Objective: to identify the attitude of the health center workers in providing the service for the poor in Mukomuko District. Method: the research applied qualitative approach using case study design. The subjects were health center workers in Mukomuko District and the poor patients. The research employed in-depth interview and check list. Result: It was difficult for the patients to get health service; the patients did not bring the insurance for the poor card (kartu askesin) as the identity of being poor society group. The patients were not well informed about the process of health service in a health center. Conclusion: It required positive attitude improvement to reflect the awareness of the health workers. Also, it required socialization to the group of poor people to improve the society’s point of view to health service. Finally, it required a program regulating the policy implemented in the health center.

Kata Kunci : Sikap petugas Puskesmas, masyarakat miskin, pelayanan kesehatan.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.