FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI KUNJUNGAN WISATAWAN KE OBJEK WISATA OWABONG DI KABUPATEN PURBALINGGA

Penulis

Riswanto

Pembimbing: Dr. Wahyu Widayat, M.Ec.,


ABSTRACT: This study is a review about tourists visiting to tourist destination with the implementation of data depend on each individual visitor. Owabong Purbalingga, one of the famous water in Central Java, was selected as the study area. The purpose of this study was to determine the characteristics of tourists and analyze the factors that affect the frequency of tourist visits. The method of analysis used in this study is a multiple linear regression analysis with the least squares method (Ordinary Least Square/OLS) using the application Eviews 6.1. The data used in the form of primary data using questionnaires to a sample of 81 visitors Owabong. The study results showed that the characteristics of tourist dominated by men as much as 63 percent, recent high school education (52 percent), and the type of work is the student/students (31 percent). The factors that significantly affect the frequency of tourist visits in Owabong is their perception of the price of admission, long known about Owabong, family income, and distance to Owabong.

INTISARI: Studi ini merupakan kajian mengenai kunjungan wisatawan ke objek wisata yang implementasinya menggantungkan data masing-masing individu pengunjung. Untuk kajian ini dipilih obyek wisata Owabong Purbalingga yang merupakan salah satu tempat wisata air terkenal di Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik wisatawan dan menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi frekuensi kunjungan wisatawan. Metoda analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan metoda kuadrat terkecil (Ordinary Least Square/OLS) menggunakan aplikasi Eviews 6.1. Data yang digunakan berupa data primer hasil kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 81 pengunjung Owabong. Hasil kajian menunjukkan bahwa karakteristik wisatawan didominasi oleh laki-laki sebanyak 63 persen, pendidikan terakhir SMA (52 persen), dan jenis pekerjaannya adalah pelajar/mahasiswa (31 persen). Faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi frekuensi kunjungan wisatawan di Owabong adalah persepsi mereka terhadap harga tiket masuk, lama mengetahui tentang Owabong, penghasilan keluarga, dan jarak tempuh ke Owabong.

Kata kunci wisatawan, obyek wisata, regresi linier, Owabong.
Program Studi UGM
No Inventaris 3067-H-2012
Deskripsi xiii, 61 p., bibl., ills., 29 cm.
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2012
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali