Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing PT KCI (O-I Indonesia) pada Industri Kemasan Botol Kaca di Indonesia

R. Istafako Tawakkal, Dr. John Suprihanto, MIM.

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

PT.KCI (O-I Indonesia ) menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam industri kemasan botol kaca di Indonesia, persaingan muncul dari sesama produsen kemasan botol kaca dan importir kemasan botol kaca. Selain itu, industri ini juga mendapat persaingan tidak langsung dari industri kemasan diluar botol kaca yang dapat dimanfaatkan sebagai subtitusi dari kemasan botol kaca, seperti kemasan botol plastik. Dalam menghadapi persaingan tersebut O-I Indonesia harus mengambil langkah strategis untuk meraih keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses manajement stratejik pada O-I Indonesia. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda kualitatif deskriptif yang mencakup analisis macroenvironment dan analisis five force untuk mengetahui faktor-faktor eksternal apa saja yang menjadi peluang atau ancaman bagi O-I Indonesia. Analisis lingkungan internal pendekatan fungsi juga dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor internal perusahaan yang menjadi kekuatan atau kelemahan O-I Indonesia. Dari semua hasil analisis tersebut akan dibuat formulasi strategi dengan menggunakan matrik SWOT sehingga menghasilkan beberapa alternatif strategi yang dapat digunakan O-I Indonesia untuk menghadapi persaingan dalam industri kemasan botol kaca di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan O-I Indonesia sudah tepat dan menjadikan perusahaan memiliki keunggulan bersaing. Namun dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, O-I Indonesia seharusnya semakin jeli dalam melihat perubahan lingkungan eksternal yang terus berkembang dengan cepat sehingga dapat menangkap peluang dan mengantisipasi ancaman yang ada dengan memanfaatkan kekuatan dan meminimalisir kelemahan yang dimiliki dengan melakukan inovasi serta meningkatkan kualitas produk agar dapat bersaing dalam industri kemasan botol kaca di Indonesia.

PT.KCI (O-I Indonesia) is facing increasingly fierce competition in the glass container industry in Indonesia, from other manufacturers and importers of glass container. Besides, this industry also have indirect competition from outside the glass container industry that can be used as a substitution of glass container, indirect competition from plastic bottle. To encounter such competition, O-I Indonesia should take a strategic steps to achieve a competitive advantage. This study aims to analyze the process of Strategic Management at the O-I Indonesia. The methods used in this study is a qualitative descriptive method which includes analysis of macroenvironment and five force analysis to determine which external factors are the opportunity or the threat to the company. Internal environment analysis function approach is also performed to determine the factors of O-I Indonesia’s internal strengths or weaknesses. The analysis results will be a formulation using SWOT matrix to produce several alternative strategies which can be implemented at O-I Indonesia to face the fierce competition in the glass container industry in Indonesia. The results showed that the strategy applied in the company was appropriate and makes a competitive advantage for the company. However in order to face of increasingly fierce competition, O-I Indonesia should be more attention to observe changes in the external environment continues to evolve rapidly so that it can seize opportunities and anticipate threats by making the best use of strengths and minimize weaknesses owned by the innovation and improve product quality in order to compete glass container industry in Indonesia.

Kata Kunci : industri kemasan botol kaca, manajemen stratejik, macroenvironment, five force, SWOT


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.