Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT ASTRA HONDA MOTOR DI DALAM INDUSTRI SEPEDA MOTOR NASIONAL

I Dewa Gede Uddayadhana, Dr. Eko Suwardi, M.Sc.

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini dilakukan untuk menganalis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi PT. Astra Honda Motor (AHM) di dalam menghadapi persaingan di dalam industri sepeda motor nasional. Faktor internal dan eksternal yang diidentifikasi akan menjadi variabel di dalam melakukan evaluasi terhadap strategi AHM yang sudah berjalan dan memberikan usulan alternatif strategi bersaing kepada AHM. Metoda penelitian ini menggunakan teknik kualitatif, yaitu studi kasus terhadap pilihan kebijakan dan strategi AHM untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor pada tahun 2010. Analisa faktor internal dan eksternal menggunakan Analisis SWOT, dan hasilnya dimasukkan ke dalam Matrix SWOT untuk menentukan strategi yang tepat. Parameter keberhasilan strategi di industri sepeda motor bisa dilihat dari pertumbuhan volume sepeda motor yang didistribusikan ke pasar. Grand Strategyyang masing-masing telah diimplementasikan ke dalam aktivitas riil telah mampu meningkatkan market share Honda secara agregat (semua tipe) sebesar 20.92% dari periode tahun sebelumnya. Hasil analisa menggunakan matrix SWOT memberikan beberapa strategi alternatif bagi AHM untuk lebih meningkatkan daya saingnya dengan kompetitor. Strategi tersebut dijabarkan ke dalam 4 kategori, yaitu : S-O Strategies, S-T Strategies, W-O Strategies, W-T Strategies.

This research was conducted to analyze the internal and external factors that affect PT. Astra Honda Motor (AHM) in the face competition in the nationwide motorcycle industry. Internal and external factors that were identified will become variables in evaluating AHM strategies and provide alternative competitive strategies for AHM. This research method using qualitative techniques, the case studies of AHM strategies and policies to winning the competition in period 2010. Analysis of internal and external factors using SWOT analysis, and the results incorporated into the SWOT Matrix to determine the appropriate strategy. The success of the strategy in the motorcycle industry can be seen from the growing volume of distributed motorcycles into the market. AHM Grand Strategy, which has been implemented into the real activity has been able to increase its market share in the aggregate (all types) of 20.92% from the prior year period. The analysis result using the SWOT matrix provides certain alternative strategies for AHM to further improve its competitiveness with competitors. The strategy is translated into four categories: S-O Strategies, S-T Strategies, W-O Strategies, W-T Strategies.

Kata Kunci : strategi, manajemen strategis, persaingan, industri, sepeda motor, otomotif


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.