Laporkan Masalah

ANALISIS PENINGKATKAN KUALITAS SPROKET SEPEDA MOTOR BUATAN LOKAL DENGAN METODE KARBURASI

ABDUL KARIM, Muslim Mahardika ST. M.Eng. Ph.D.

2011 | Tesis | S2 Mag.Sistem Teknik

Roda gigi sproket merupakan salah satu komponen sepeda motor yang terbuat dari baja. Pemilihan baja sebagai material untuk roda gigi disebabkan karena baja memiliki sifat yang keras dan ketahanan aus yang baik serta keuletan yang tinggi. Roda gigi sproket yang umum digunakan di pasaran dalam negeri terdiri dari beberapa jenis produk dengan merek dan kualitas yang bermacam-macam, mulai dari roda gigi orisinil yang berharga relatif mahal hingga produk-produk roda gigi imitasi atau tiruan yang berharga sangat murah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas teknis dari roda gigi sepeda motor agar dapat menyamai kualitas teknis dari roda gigi orisinil dengan cara melakukan proses pack carburizing yang dilanjutkan dengan proses perlakuan panas quenching dan tempering. Dari hasil pemeriksaan awal dapat diketahui bahwa masing-masing spesimen roda gigi yang orsinil memiliki kadar karbon 0,2 % sedangkan yang tiruan mempunyai kadar karbon 0,15 %. Proses karburasi dilakukan dengan media karbon dari arang tempurung kelapa yang ditambahkan energizer BaCO3. Parameter proses yang divariasikan adalah , waktu karburasi (1 jam, 2,5 jam, 5 jam, 7,5 jam dan 10 jam), dan temperatur temper 300°C. Untuk proses perlakuan panas, pemanasan dilakukan pada temperatur 900°C dilanjutkan proses quench dan temper dengan temperatur temper 300°C selama 0,5 jam. Hasil dari proses karburasi menunjukkan bahwa pengaruh kenaikan kadar energizer BaCO3 ( 20 % wt) terhadap kedalaman penetrasi karbon ke dalam baja cenderung konstan, Penambahan waktu karburasi ( dari 1 jam, 2,5 jam, 5 jam, 7,5 jam dan 10 jam ) mengakibatkan terjadinya peningkatan kedalaman penetrasi karbon yang signifikan dari 0 mm menjadi 2,1 mm untuk roda gigi 0,15 %C . Hasil proses perlakuan panas menunjukkan perubahan sifat mekanik pada baja, khususnya pada bagian permukaan yang berubah menjadi keras akibat adanya pembentukan fasa martensit. Variasi temperatur temper menghasilkan nilai effective case depth yang berbeda-beda. Semakin tinggi temperatur temper maka effective case depth akan mengalami penurunan. Parameter pack carburizing dan parameter perlakuan panas yang tepat untuk menghasilkan effective case depth sebesar 2,3 mm seperti roda gigi sproket tiruan adalah dengan melakukan pack carburizing dengan penambahan energizer 20 %wt BaCO3 dengan waktu karburasi selama 2,5 jam (untuk roda gigi 0,15 %C) yang dilanjutkan dengan proses perlakuan panas dengan temperatur 900°C .

Sprocket gear is one of motorcycle components that made from steel. The selection of steel as a material for gear due to its hard properties and good wear resistance and also high ductility. Commonly, sprocket gears in the domestic market consists of several types of products with different brands and different quality, ranging from original gear which relatively expensive up to imitation gear products which very cheap. This research aims to improve the quality of the imitation product to the same quality of the original gear by applying pack carburizing process followed by heat treatment to obtain optimum properties. Preliminary examination results showed that original gear specimen has carbon content of 0.2% while the imitation has a carbon content of 0.15%. Carburizing process carried out by heating the specimen up to 900 ° C in the carbon rich coconut shell charcoal media with BaCO3 addition as energizer. The carburizing time are varied for 1 hour, 2.5 hours, 5 hours, 7.5 hours and 10 hours . For the heat treatment process, heating performed at a temperature of 900 ° C followed by quenching and tempering at 300 ° C for 0.5 hour. Results from the carburizing shows that carbon penetration tends to be constant by increasing BaCO3 content (20% wt), while variation of carburizing time (from 1 hour, 2.5 hours, 5 hours, 7.5 hours and 10 hours) significantly increased the carbon penetration from 0 mm to 2.1 mm for 0.15% C gear. The result of the process of heat treatment showed changes in mechanical properties of steel, especially on the surface turned hard due to the formation of martensite phase. Variation of tempering temperature produces different effective case depth. The higher the tempering temperature, effective case depth will decrease. Optimum parameters for pack carburizing and heat treatment to produce effective case depth of 2.3 mm (posses by original sprocket) are pack carburizing with 20% wt addition of BaCO3 as energizer with carburizing time for 2.5 hours (for gear 0, 15% C), followed by heat treatment process with a temperature of 900 ° C.

Kata Kunci : Karburasi, sproket, meningkat.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.