Laporkan Masalah

EVALUASI PROSES PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DUNIA REMAJAKU SERU (DAKU!) DI SMU KOTA JAMBI

HANDY LALA, dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed, Ph.D.

2011 | Tesis | S2 Kesehatan Masyarakat/PPK

Latar belakang: Perkembangan dunia Internet dan lalu lintas informasi yang serba cepat telah menciptakan peluang yang sangat baru bagi anak muda untuk berinteraksi dengan orang lain atau mencari informasi melalui simulasi atau game komputer. Biasanya informasi yang didapat dari internet jauh lebih menarik dan berkesan sehingga akan memberikan pengaruh yang lebih kuat terhadap anak muda. Tidak diragukan lagi bahwa teknologi akan terus mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Banyaknya pengembangan program promosi kesehatan reproduksi telah menciptakan bentuk-bentuk pendidikan yang sangat variatif, salah satunya adalah DAKU!. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan program kesehatan reproduksi DAKU! dan respon, pengetahuan siswa terhadap program pendidikan kesehatan reproduksi DAKU! dengan menggunakan media komputer yang dilaksanakan di SMU Kota Jambi. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian adalah siswa SMU yang di sekolahnya melaksanakan program DAKU!. Pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview, FGD dan observasi. Hasil dan Pembahasan: Dalam program DAKU! yang dilaksanakan dimasing- masing sekolah pelaksana program yang telah berjalan 3 tahun lebih dan telah menjadi bagian dari kegiatan sekolah, siswa juga mendapatkan banyak informasi, seperti kesehatan reproduksi, perkembangan remaja, penyakit menular seksual, cara menghargai orangtua, guru, dan lingkungan, serta siswa diajarkan cara merencanakan masa depannya dari awal, siswa menyukai media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu komputer, siswa juga menyukai metode yang digunakan di dalam pembelajaran yaitu diskusi dan membebaskan siswa dalam menyampaikan tanggapan mereka tanpa harus takut salah. Kesimpulan: Program DAKU! sangat menarik bagi siswa dalam belajar kesehatan reproduksi dan memberikan dampak terhadap peningkatan pengetahuan siswa di antaranya siswa mengetahui proses perkembangan remaja, cara menghargai teman, guru dan lingkungan. Siswa juga mengetahui bagaimana merencanakan masa depan mereka, program DAKU! juga meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.

Background: Internet development and speedy information traffic have created new opportunity for teenagers to interact with others or seek information through simulation or computer game. Generally the information found in the internet is far more interesting and impressive so that it brings strong impact to teenagers. Technology will undeniably affect all aspects of our life. Numerous reproductive health promotion programs have created varied forms of education, among others is DAKU!. Objective: To identify the implementation of DAKU! reproductive health program and response, knowledge of students about DAKU! reproductive health education program using computer implemented at senior high school of Jambi Municipality. Method: The study used qualitative method and phenomenological approach. Subject of the study were students of senior high schools that implemented DAKU! program. Data were obtained through indepth interview, focus group discussion and observation. Result and Discussion: DAKU! program had been implemented in schools for more than three years and become part of school activities; students got information such as reproductive health, teenage development, sexually transmitted disease, methods to respect parents, teacher and the environment, and how to plan the future. The students liked the media used in learning, they also liked the method used (discussion) and freedom in expressing comments without being afraid of making mistakes. Conclusion: The students liked the media used in learning, DAKU! program brought impact to increased knowledge of students such as the process of teenage development, how to respect coleagues, teacher and the environment; students also knew how to plan the future. DAKU! program also increased students' participation in learning.

Kata Kunci : Evaluasi, kesehatan reproduksi, program DAKU


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.