T Ast a

Analisa biaya overhead suplier dalam proyek pengadaan barang dan jasa konstruksi di lingkungan Rektorat Universitas Gadjah Mada

Penulis

Astuti, Baiq Rosyida Dwi

Pembimbing: Prof. Dr. Indra Bastian, MBA


INTISARI : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh biaya langsung proyek, jangka waktu proyek, ketersediaan kas kontraktor, skedul pembayaran dan jumlah pesaing terhadap biaya overhead proyek pengadaan barang dan jasa konstruksi pemerintah, serta untuk memperoleh gambaran tentang pendistribusian biaya overhead proyek. Penelitian ini juga membahas tentang metode penetapan biaya overhead proyek dalam penawaran harga dan rasio biaya overhead proyek terhadap biaya langsung proyek. Penelitian ini diharapkan menjadi informasi awal yang bermanfaat dalam upaya untuk menyajikan informasi biaya overhead secara terstruktur dalam harga perkiraan sendiri (HPS) dan dokumen penawaran harga. Sampel penelitian adalah proyek pengadaan barang dan jasa konstruksi di lingkungan Rektorat UGM tahun 2005-2009. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya biaya langsung proyek yang mempengaruhi biaya overhead proyek dan bahwa biaya overhead proyek dapat disajikan berdasarkan kelompok biaya yaitu biaya asuransi dan pajak, supervisi, pengeluaran umum dan administrasi, biaya pengerjaan kembali, peralatan, estimasi kontijensi, pendanaan, biaya konstruksi sementara dan pemeliharaan hasil pekerjaan. Sebagian besar penyedia barang dan jasa mengestimasi biaya overhead proyek dalam harga penawaran berdasarkan kontrak-kontrak sebelumnya dan sebesar persentase tertentu dari biaya langsung proyek. Rasio rata-rata biaya overhead proyek terhadap biaya langsung proyek adalah 12,75% . Kata kunci : pengadaan barang dan jasa konstruksi, biaya overhead proyek.

Kata kunci Pengadaan barang dan jasa konstruksi,Biaya overhead proyek
Program Studi S2 Akuntansi UGM
No Inventaris c.1 (1596-H-2010)
Deskripsi xiii, 64 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2010
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali