Laporkan Masalah

Pengaruh kredibilitas perusahaan dan kredibilitas endorser terhadap minat pembelian :: Studi empiris atas iklan tarif murah Telkomsel

WIBOWO, Adi, Ike Janita Dewi, Dr., MBA

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Kredibilitas perusahaan adalah sumber yang dapat mempengaruhi reaksi konsumen terhadap iklan dan bentuk sikap pada suatu merek. Di sisi lain Perusahaan juga sering menggunakan endorser atau juru bicara sebagai sumber yang kredibel untuk mempengaruhi sikap konsumen dan minat pembelian. Penelitian ini merupakan penggabungan dari beberapa model penelitian yang pernah dilakukan oleh Goldsmith (2002), Laferty (2002) dan Newell (2002) yang bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kredibilitas perusahaan dan endorser terhadap sikap pada iklan, sikap terhadap produk dan minat pembelian, dimana sikap terhadap iklan sebelumya akan dimediasi terlebih dahulu oleh elemen kognitif dan elemen afektif dari pembentukan sikap. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan kuesioner kepada responden mengenai tanggapan mereka terhadap kredibilitas perusahaan, kredibilitas endorser, sikap kognitif, sikap afektif, sikap terhadap iklan, sikap terhadap produk, minat pembelian terhadap Telkomsel. Metode pengambilan sampel dengan nonprobability sampling, purposive dengan judgment minimal pernah menonton iklan murah Telkomsel di televisi dan bersedia menjadi responden dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis structural equation modelling (SEM), penelitian ini terbukti secara empiris bahwa sikap terhadap iklan secara signifikan dipengaruhi oleh kredibilitas perusahaan dan endorser, dan minat pembelian secara signifikan dipengaruhi oleh sikap terhadap iklan dan sikap terhadap produk.

Corporate credibility is source than can influence consumer attitude toward the ad and attitude toward the brand. Corporate often used endorser as a credible source to influence consumer behavior and purchase intension. This research is a combination from research models that has been done by Goldsmith (2002), Laferty (2002), and Newell (2002) that the objective is to analize and understand the influence of corporate credibility and endorser credibility, attitude toward the Ad, attitude toward the brand and purcahse intention, which attitude toward the advertisement before that will be mediate first by cognitive and affective element from attitude models. Data collection method in this research are using questionare to the respondent about their respond toward corporate credibility, endorser credibility, cognitive element, affective element attitude toward the Ad, attitude toward the brand and purchse intention in Telkomsel product. Sampling methods using nonprobability, purposive random sampling with minimum judgement has seen Telkomsel advertising, cheap rate version on television and willing to be respondent in this research. Based on SEM analysis, this research proved empirically that attitude toward the ad significantly influenced by corporate credibility and endorser credibility, and purchase intention significantly influenced by attitude toward the ad and attitude toward the brand.

Kata Kunci : Kredibilitas perusahaan,Kredibilitas endorser,Elemen kognitif,Elemen afektif,Sikap terhadap iklan,corporate credibility, endorser credibility, cognitive element,affective element attitude toward the Ad,attitude toward the brand and purchase intention,conf


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.