Laporkan Masalah

Perbandingan pengaruh kapabilitas infrastruktur manajemen pengetahuan dan kapabilitas proses manajemen pengetahuan, manfaat pelayanan persepsian serta risiko pelayanan persepsian terhadap efektifitas sistem manajemen pengetahuan

KRISTANTI, Ika Neni, Dr. Sony Warsono, MAFIS

2010 | Tesis | S2 Akuntansi

Penelitian ini menyelidiki tentang proses-proses manajemen pengetahuan dan dimensi-dimensi organisasional yang berhubungan dengan sistem manajemen pengetahuan di dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris perbandingan antara kapabilitas infrastruktur manajemen pengetahuan dan kapabilitas proses manajemen pengetahuan terhadap sistem manajemen pengetahuan dan pada kapabilitas infrastruktur manajemen pengetahuan dimensi mana yang lebih berpengaruh, dimensi budaya atau dimensi teknologi dan pada kapabilitas proses manajemen pengetahuan dimensi mana yang lebih berpengaruh dimensi akuisisi atau dimensi konversi maupun dimensi aplikasi atau dimensi konversi yang lebih berpengaruh pada kapabilitas proses manajemen pengetahuan. Selain itu penelitian ini juga menguji pengaruh sistem manajemen pengetahuan terhadap manfaat,risiko pelayanan persepsian. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan kuesioner. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan metode SEM dengan pendekatan metode alternatif PLS dengan bantuan software SmartPLS versi 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas proses manajemen pengetahuan lebih berpengaruh pada sistem manajemen pengetahuan dibandingkan kapabilitas infrastruktur manajemen pengetahuan. Hal ini mungkin disebabkan karena di lembaga Bank Indonesia Yogyakarta tersebut masih banyak batasan-batasan struktural baik formal maupun informal yang justru membatasi interaksi dan berbagi pengetahuan diantara karyawan. Untuk dimensi budaya lebih berpengaruh dibandingkan dimensi teknologi. Sedangkan untuk dimensi akuisisi dan aplikasi ternyata lebih berpengaruh dibandingkan dimensi konversi dan proteksi. Untuk konstruk manfaat pelayanan persepsian berpengaruh positif terhadap sistem manajemen pengetahuan sedangkan untuk konstruk risiko pelayanan persepsian berpengaruh negatif terhadap sistem manajemen pengetahuan.

This study investigated the processes of knowledge management and organizational dimensions associated with knowledge management systems within the company. The purpose of this research is to test empirically the comparison between the capabilities of knowledge management infrastructure and capabilities of knowledge management processes of the effectiveness of knowledge management systems and the capability dimension of knowledge management infrastructure which one is more influence, cultural dimension or technology dimensions and the capability dimension of knowledge management processes which one is more influence, process of acquisition or conversion process and the application process or protective processes that is more effect on the process capabilities of knowledge management. In addition this study also tested the influence of knowledge management systems against the benefits, perceive risks services. This study used 100 respondents that selected by using purposive sampling technique. The data was collected with a questionnaire survey method. Analysis tool that used to test the hypothesis was SEM methods with alternative methods was PLS using SmartPLS software version 2.0. The results showed that the process capabilities of knowledge management have more influence on the knowledge management system compared to the infrastructure capabilities of knowledge management. This is probably because the institution of Bank Indonesia Yogyakarta is still has a lot of structural limitations of both formal and informal interactions that makes the sharing of knowledge among employees was restricted. For more, cultural dimension was more influence than the technology dimension. The acquisition and application process was more influence than the conversion process and the protection process. Benefits construct has positive affect to the knowledge management systems and risk construct has negative affect to the knowledge management system.

Kata Kunci : Kapabilitas infrastruktur,Manajemen pengetahuan,Kapabilitas proses,Sistem maanjemen penegtahuan,Manfaat pelayanan persepsian,Risiko pelayanan persepsian ; infrastructure Capability of knowledge management, processes capabilities of knowledge management, k


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.