T And a

Analisis strategi bersaing PT ACA dalam industri asuransi kerugian di Indonesia

Penulis

Andrye

Pembimbing: Fahmi Radhi, Dr. ,MBA


ABSTRACT : There are three aim of the research in this thesis, first to evaluate the implemented strategy of PT Asuransi Central Asia, is the business strategy still effective to envisage competition in general insurance industry. Second, to evaluate strengths and weaknesses, threat and opportunities faced by ACA. Third, to analyze ACA’s Key Success Factor implementation in business strategy. This is a descriptive research that uses PT Asuransi Cental Asia as its case study with Five Forces Model, SWOT Analysis and Key Success Factor as its instrument of analysis. The research result shows that PT Asuransi Central Asia has generally planned its business strategy well but still not optimal to achieve growth and domination in market share. Based on SWOT analysis, ACA’s strenght factor are good insurance product, distribution channel facility, good financial condition, strenght of corporate brand, and information technology. Weaknesses factors are

INTISARI : Terdapat tiga tujuan penelitian dalam karya akhir ini yaitu, pertama untuk mengevaluasi strategi bisnis yang digunakan PT Asuransi Central Asia (ACA), apakah efektif diterapkan dalam menghadapi persaingan industri asuransi kerugian/umum. Kedua, menganalisis kekuatan dan kelemahan, serta ancaman dan peluang yang dihadapi dan dimiliki oleh ACA. Ketiga, menganalisis Key Succes Factor ACA dalam mengimplementasikan strategi bisnis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, bersifat studi kasus pada PT Asuransi Central Asia dengan menggunakan alat analisis Five Forces Model, SWOT Analysis dan Key Success Factor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum ACA telah memiliki strategi bisnis yang baik akan tetapi belum optimal dalam mencapai pertumbuhan dan penguasaan pasar. Berdasarkan hasil analisa SWOT, faktor-faktor yang menjadi kekuatan ACA antara lain adalah produk asuransi yang baik, fasilitas saluran distribusi, kondisi kekuatan kesehatan keuangan, kekuatan merek korporasi serta kekuatan teknologi informasi. Faktor-faktor yang menjadi kelemahan pada saat ini adalah kelemahan merek tiap produk, struktur harga, promosi, teknologi informasi dalam hal potofolio nasabah, serta intelijen bisnis. Faktor-faktor yang menjadi peluang bagi ACA adalah peraturan pemerintah, penetrasi pasar yang masih rendah,

Kata kunci Strategi bisnis,Pangsa pasar,Pemimpin pasar,Key success factor
Program Studi S2 Magister Manajemen UGM
No Inventaris c.1 (3856-H-2009)
Deskripsi xv, 84 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2009
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali