Laporkan Masalah

Pengaruh orientasi pasar pada kinerja perusahaan kecil dimediasi oleh orientasi kepengusahaan

SUSANTO, Perengki, Dr. Amin Wibowo, MBA

2009 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar pada kinerja perusahaan kecil dimediasi oleh orientasi kepengusahaan. Responden penelitian adalah pimpinan atau pemilik perusahaan kecil di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam analisis sebanyak 105 perusahaan kecil. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh pada kinerja perusahaan kecil dimediasi oleh orientasi kepengusahaan. Implikasi kebijakan adalah perlunya pemilik atau pimpinan perusahaan kecil mempertimbangkan orientasi kepengusahaan sebagai salah satu variabel mediator dalam meningkatkan kinerja perusahaan kecil.

This study aims to analyze the influence of market orientation on the performance of small firms are mediated by entrepreneurial orientation. Research respondents are leaders or owners of small firms in Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sampling is done by purposive sampling method. The number of samples used in data analysis of 105 small firms. Data analysis performed using regression analysis. The results showed that market orientation affects on the performance of small firms are mediated by entreprenuerial orientation. Managerial implications is the need to consider entrepreneurial orientation as a mediator variable in improving the performance of small firms.

Kata Kunci : Orientasi pasar,Orientasi kepengusahaan,Kinerja perusahaan kecil,Market orientation,entrepreneurial orientation,performance of small firms


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.