T Hen s

Strategi bisnis mempertahankan posisi market leader dalam persaingan industri beton pracetak di Indonesia :: Studi kasus PT Wijaya Karya Beton

Penulis

Hendroutomo, Tomi

Pembimbing: Djoko Susanto, Prof., Dr., MSA


ABSTRACT : This research is performed to identify the strategy that is applied by PT. Wika Beton in precast concrete industry so that could reach the market leader position in Indonesia. Formulation the competitive strategy which is suitable with internal and external condition, so PT. Wika Beton could keep its position as market leader in the industry. It also recommends the better future strategy to be practiced by PT. Wika Beton to face the company’s internal and external environment. Research method which used in this research is qualitative research method that is interpretation technique to explain, transform, translate, and making of purpose, from an occurrence in the world of social. This research use analysis method SWOT, representing public peripheral of application and used as by step early in course of decision making and as strategic plan in so many science. Later identify strength, weakness, opportunity, and threat by grouping accurate environmental factors become environmental level, potential threat and potential opportunity into a matrix. Afterwards will be compiled competitive strategy by various mentioned factor, thereby will be got effective strategy which maximize existing opportunity and strength and also weakness minimization and threat faced by company. The result from this research is PT. Wika Beton have the power of which relative stronger than its weakness, result of SWOT analysis seen that company position located in quadrant one, indicating that PT. Wika Beton have the big power in precast industry and big business opportunity also. PT. Wika Beton will apply generic policy that having the character of focus strategy. The policy will emphasize choice of competitive strategy narrow or tight in an industry. Maintain up market leader position in precast concrete industry in Indonesia, PT. Wika Beton have competitive strategy becoming company competitiveness determinant to maintain share market, make up of competitiveness, doing integration backward, and improvement ability of financial through the increase value of the firm maximally. Key word : Strategy, PT. Wika Beton, market leader, SWOT analysis

INTISARI : Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh PT. Wika Beton dalam industri beton pracetak sehingga bisa meraih posisi market leader di Indonesia. Menformulasi strategi bersaing yang sesuai dengan kondisi internal dan ekternal sehingga PT. Wika Beton dapat terus mempertahankan posisinya sebagai market leader dalam industri beton pracetak di Indonesia. Merekomendasikan strategi ke depan yang sebaiknya dijalankan oleh PT. Wika Beton menghadapi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian kualitatif yaitu teknik interpretasi yang akan menjelaskan, mentransformasikan, menerjemahkan, dan menjelaskan makna, dari suatu kejadian dalam dunia sosial. Penelitian ini mengunakan metode analisis SWOT yang merupakan perangkat umum didesain dan digunakan sebagai langkah awal dalam proses pembuatan keputusan dan sebagai perencanaan strategis dalam berbagai terapan. Kemudian mengidentifikasikan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang ada dengan mengelompokkan faktor-faktor lingkungan yang diteliti menjadi tingkat lingkungan, ancaman potensial dan kesempatan potensial ke dalam sebuah matrik. Setelah itu akan disusun strategi yang memadukan berbagai faktor tadi, dengan demikian akan didapatkan strategi efektif yang memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada serta meminimalkan kelemahan dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah PT. Wika Beton memiliki kekuatan yang relatif lebih kuat dari kelemahannya, hasil analisis SWOT terlihat bahwa posisi perusahaan terletak di kuadran satu yang menunjukkan bahwa PT. Wika Beton memiliki kekuatan yang besar dengan peluang bisnis yang besar pula. PT. Wika Beton akan menerapkan kebijaksanaan generik yang bersifat fokus. Kebijaksanaan tersebut akan menekankan pilihan akan cangkupan bersaing yang sempit dalam suatu industri. Untuk mempertahankan posisi market leader di industri beton pracetak di Indonesia, PT. Wika Beton memiliki strategi bersaing yang menjadi penentu daya saing perusahaan adalah mempertahankan market share, peningkatan daya saing, melakukan backward integration, dan peningkatan kemampuan finansial dilakukan melalui peningkatan value of the firm secara maksimal. Kata kunci : Strategi, PT. Wika Beton, market leader, analisis SWOT

Kata kunci Strategi,PT Wika Beton,Market leader,Analisis SWOT
Program Studi S2 Magister Manajemen UGM
No Inventaris c.1 (3147-H-2009)
Deskripsi xiii, 123 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2009
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali