T Wid p

Penyusunan desain dan struktur organisasi di PT. SS :: Studi kasus pada perusahaan keluarga

Penulis

Widiyanto, Rudi

Pembimbing: Drs. Haryanto F. Rosyid, M.A., Psi


ABSTRACT : Family-owned business mostly cannot survive through third generation. One of the cause is the incompatible organization design with the development of family vested-interest. The merge of the second and third generation to the company needs adjustment for the organization design it self. This research conducted in a family-owned business, which produces shoes and traditional clothes. The second generation has joined to the company and had problems in retaining customer. This research has two purposes. First, to recommend a new organization design for the company. Second, to describe the process of re-design and re-structure in family-owned business. Several methods, interview, field notes, and documents study under work flow analysis are established to gather empirical information regarding to the needs of developing new organization design and structure. The opportunity development analysis used structure in five’s concept from Mintzberg. It is recommended that simple structure with division labor in strategic apex is the most suitable one for developing the effectiveness of this organization. The new design enabled the family to keep control over the company. It is also found that family culture has an influence to the development of family-owned business. Keywords: organization design, organization structure, family-owned business

INTISARI : Perusahaan keluarga seringkali tidak bertahan hingga generasi ketiga. Salah satu penyebabnya adalah ketidak-sesuaian desain organisasi. Masuknya generasi kedua dan ketiga dalam perusahaan memerlukan penyesuaian desain organisasi. Penelitian ini dilakukan di sebuah perusahaan keluarga yang bergerak dalam bidang produksi dan penjualan sepatu militer, busana adat, serta pamongpraja. Perusahaan tersebut telah memasuki generasi kedua dan kesulitan dalam mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan desain dan struktur yang baru pada perusahaan tersebut serta menggambarkan kegiatan penyusunan desain dan struktur organisasi pada perusahaan keluarga. Desain dan struktur ini didapatkan dari wawancara,catatan lapangan. dan telaah dokumen dalam lingkup analisis alur kerja. Analisis kesempatan pengembangan dilakukan menggunakan konsep lima struktur dari Mintzberg. Rekomendasi yang diberikan adalah simple structure, dengan penambahan direktur marketing serta pembagian strategic apex. Desain ini memungkinkan peran keluarga sangat luas dan kebutuhan untuk bertahan. Faktor keluarga sangat berpengaruh terhadap arah gerak perusahaan keluarga. Kata-kata kunci: desain organisasi, struktur organisasi, perusahaan keluarga

Kata kunci Desain organisasi,Struktur organisasi,Perusahaan keluarga
Program Studi S2 Magister Profesi Psikologi UGM
No Inventaris c.1 (2447-H-2009)
Deskripsi vi, 36 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2009
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali