T Has p

Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar bahasa Inggris

Penulis

Hasan, Nur

Pembimbing: Dr. Wisjnu Martani


ABSTRACT : The aim of this research is to explore the affect of creative productive learning method and conventional learning method to increase english learning achievement through controlling self efficacy. 83 students were participated on this research and divided into two groups. The first group from class VIIIB consisted of 42 students for creative productive method and the last group from class VIIIA consisted of 41 students for conventional method. The data were collected with the self-efficacy scale and english learning achievement test. The analysis being used on this research is covarian analysis. The result of this research are: there is differentiation of english learning achievement between students in the class that used creative productive method and students in the class that used conventional method. It is clarify with the F=41,111 (p< 0,01). Hence, creative procuctive method is more affected to increase english learning achievement than the conventioanl method. Keywords: Creative achievement. productive method, conventioanl method, learning

INTISARI : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kreatif produktif dan metode konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris dengan mengontrol efikasi diri. Subyek penelitian adalah 83 siswa dan terbagi dalam dua kelompok yaitu kelas VIIIB untuk kelompok kreatif produktif yang bejumlah 42 siswa dan kelas VIIIA untuk kelompok konvensional yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan dengan skala efikasi diri dan tes prestasi belajar bahasa inggris. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kovarian. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: ada perbedaan prestasi belajar bahasa inggris antara siswa yang mengikuti metode kreatif produktif dan siswa yang mengikuti metode konvensional. Hal ini ditunjukan dengan perolehan hasil F= 41,111 (p< 0,01). Dengan demikian bahwa metode kreatif produktif lebih berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris. Kata kunci: Metode kreatif produktif, Metode konvensional, prestasi belajar.

Kata kunci Metode kreatif produksi,Metode konvensional,Prestasi belajar
Program Studi S2 Magister Psikologi UGM
No Inventaris c.1 (2436-H-2009)
Deskripsi xi, 80 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2009
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali