Laporkan Masalah

Identitas karakteristik sepeda motor yang terlibat kecelakaan lalulintas

ZULKIFLI, Prof. Dr. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Keberadaan sepeda motor dalam jumlah yang sangat besar di jalan dan bercampur dengan kendaraan jenis lain menyebabkan operasi lalulintas yang rumit dan cenderung menimbulkan kecelakaan. Hal ini terlihat pada besarnya keterlibatan kendaraan sepeda motor pada kecelakaan yang terjadi. Telah banyak dilakukan penelitian mengenai faktor - faktor penyebab kecelakaan terkait dengan perilaku pengguna sepeda motor dan faktor dari prasarana jalan. Akan tetapi sangat sedikit penelitian dilakukan pada karakteristik perlengkapan sepeda motor yang mempunyai potensi terjadinya kecelakaan. Untuk mengetahui karakteristik sepeda motor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, diperlukan sebuah identifikasi terhadap karakteristik sepeda motor yang terlibat dalam kecelakaari yang terjadi. Penelitian dilakukan dengan mengambil Kota Magelang sebagai daerah studi penelitian, sedangkan karakteristik sepeda motor yang diidentiflkasi meliputi karakteristik bawaan sepeda motor dan karakteristik dan fungsionalitas perlengkapan sepeda motor. Untuk mengetahi hubungan antara karakteristik dan fungsionalitas perlengkapan sepeda motor digunakan uji statistic koefisien regresi dengan metode pearson co"elation. Dari ll (sebelas) variabel yang diuj~ terdapat 6 (enam) variabel yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan mempunyai tingkat korelasi diatas 600/o, yaitu variabel rem tromol, ban gundul, spion tidak terpasang, stir rusak, rem tidak berfungsi dan Iampu arab yang tidak berfungsi. V ariabel yang secata statistik tidak mempunyai hubungan (dilihat dari tingkat signifikansi diatas 0,05) dengan variabel tingkat kecelakaan berjumlah 5 (lima) variabel, yaitu klakson yang tidak berfungsi, suspensi yang tidak berfungsi, lampu dekat yang tidak berfungsi, lampu jauh yang tidak berfungsi dan lampu rem yang tidak berfungsi. Dari basil uji korelasi pada variabel perlengkapan lampu sepeda motor yang tidak berfungsi dengan tingkat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor pada malam hari menunjuk.kan bahwa terdapat hubungan yang signiftkan antara tiap variabel perlengkapan lampu sepeda motor dengan variabel tingkat kecelakaan pada malam hari. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang dibawah 0,05, sedangkan tingkat korelasi atau hubungan kedua variabel berkisar antara 60%. 75%. Kata kunci : identifikasi, karakteristik bawaan sepeda motor, karakteristik perlengkapan sepeda motor, tingk.at kecelakaan.

Motorcycle with high quantity in highway network and mixed with another vehicle cause complex traffic and tended to accident occur. It seen to a huge motorcycle complicity with accident occurs. Most of research done about accident causal factors concerned with motorcyclist behavior and infrastructure factor. But, few of the research related with motorcycle equipment characteristic in potential accident. To find out motorcycle equipment characteristic that caused accidents occur, an identification of motorcycle characteristics involved accident in is needed. The research took Magelang city as study research area, while identification of motorcycle characteristic consist of innate characteristic and equipment function motorcycle. To find out relation between characteristic and equipment function motorcycle tested with statistic test with pearson correlation method. There are six variables shown significant relation which correlation rate 600/o above, i.e brake drum, bad tyre, uninstalled review mirror, broken steering, malfunction brake and malfunction sign lamp variables. Otherwhile, variable which have low correlation (sig level 0,05 above) with accident rate are malfunction hom, malfunction suspension, malfunction near lamp, malfunction far lamp and malfunction brake lamp. From correlation test for malfunction motor cycle lamp equipment with accident rate, it seen a significant correlation for each of motor cycle lamp equipment variables with accident rate in night variable. It shown at significance value under 0,05, whereas correlation rate ranging from 60%- 75%. Keyword : identification, innate motorcycle characteristic, equipment motorcycle characteristic, accident rate.

Kata Kunci : Indentifikasi,Karakteristik bawaan sepeda motor,Karakteristik perlengkapan sepeda motor,Tingkat kecelakaan

  1. s2-ftk-2009-Zulkifli-ABSTRACT.pdf  
  2. s2-ftk-2009-Zulkifli-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. s2-ftk-2009-Zulkifli-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. s2-ftk-2009-Zulkifli-TITLE.pdf