Laporkan Masalah

Peranan perusahaan sebagai agen perubahan dalam pelaksanaan prinsip tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR)

BASANI, Christin Septina, Prof. Emmy Pangaribuan Simanjuntak, S.H

2009 | Tesis | S2 Magister Ilmu Hukum

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan prinsip tanggung jawab sosial perusahaan / corporate social responsibility oleh perusahaan sehingga bisa diketahui peran perusahaan dimasyarakat sebagai agen perubahan untuk pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan antara penelitian normatif dan penelitian empiris. Alat pengumpul data berupa penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan buku-buku, karya ilmiah serta ketentuan hukum nasional yang berhubungan dengan variabel penelitian. Sedang penelitian lapangan dilakukan dengan tujuan untuk mencari data dan observasi langsung objek penelitian. Analisis data dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode induktif. Hasil penelitian ini adalah prinsip tanggung jawab sosial perusahaan / corporate social responsibility pada dasarnya sudah dilakukan oleh setiap perusahaan, yang berbeda terletak pada kapasitas dan bentuknya. Prinsip ini tidak lepas dari peran perusahaan yang terkait dengan lingkungan (planet), masyarakat sekitar (people) dan laba (profit). Perusahaan tidak hanya semata-mata mencari profit / keuntungan tapi juga mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk menciptakan good corporate governance. Walau terkadang prinsip ini diartikan sebagai kegiatan kedermawanan / filantropy tetapi semangat tanggung jawab sosial perusahaan pada masyarakat sudah mulai terbangun. Kedepannya dengan pelaksanaan prinsip tanggung jawab sosial perusahaan secara baik dimasyarakat bisa menjadikan perusahaan sebagai agen perubahan untuk menciptakan pembangunan berkelanjutan.

This research objective was to identify how company implemented corporate social responsibility so that society as agent change could understand the role of company for sustainable development. This research is combination between normative and empirical research. Library and field researches collected data. The library research was conducted by collecting books, scientific works and national law specifications associated with research variables. Whereas, field research was conducted to find data and observe directly research objects. Data were analyzed by using qualitative approach and inductive method. The results of study indicated that social corporate responsibility had been implemented by each company, with different locations of capacity and form. This principle did not separate from company role associated with environment (planet), society surrounding (people) and profit. Company did not only merely make profit but also own social responsibility and environment to create good corporate governance. Although this principle was sometimes meant as philanthropy, but corporate social responsibility spirit of society had been developed. In the future, given good implementation of corporate social responsibility principle of society could become company as change agent to create sustainable development.

Kata Kunci : Prinsip tanggung jawab sosial perusahaan sebagai agen perubahan masyarakat, corporate social responsibility principle, for change agent of society


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.