Laporkan Masalah

Pengaruh agen sosialisasi konsumen pada gaya pengambilan keputusan konsumen

AMALIA, Dina Afriyanti, Prof. Dr.Basu Swastha DH, MBA

2008 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orangtua, teman sebaya dan televisi terhadap gaya pengambilan keputusan konsumen yang diinginkan (desirable), gaya pengambilan keputusan yang tidak diinginkan (undesirable), dan gaya pengambilan keputusan konsumen social/hedonistic. Data diperoleh melalui survei kuesioner dengan tekhnik purposive sampling dengan kriteria usia 15-18 tahun, masih memiliki kedua orangtua (ibu dan ayah), memiliki teman atau kelompok teman, memiliki uang saku dalam jumlah tertentu, pernah melakukan aktivitas pembelian kebutuhannya sendiri, dan memiliki akses ke media televisi. Kuesioner yang didistribusikan kepada responden berjumlah 200 eksemplar, tetapi yang digunakan untuk analisis selanjutnya hanya 186 eksemplar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM dengan metode alternatif Partial Least Square (PLS) yang dibantu dengan program aplikasi Smart PLS 2.0 M3. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari teman sebaya pada gaya pengambilan keputusan konsumen yang diinginkan (desirable), dan yang tidak diinginkan (undesirable). Agen sosialisasi konsumen orangtua tidak secara signifikan mempengaruhi ketiga gaya pengambilan keputusan konsumen. Sedangkan agen sosialisasi konsumen media massa televisi hanya berpengaruh signifikan pada gaya pengambilan keputusan konsumen yang tidak diinginkan (undesirable).

This research aims to test parents, friends, peers and television influence towards desirable consumer decision making styles, undesirable consumer decision making styles, and social/hedonistic consumer decision making style. Data are taken from survey with purposive sampling technique under criteria: age 15-18 years old, still having parents (father and mother), having friends or group friends, having certain pocket money, been spending money for his/her need and having access to television. There were 200 copies of questionnaire distributed to respondents but only taken 186 for the analysis. The analysis being used is SEM with alternative method of Partial Least Square (PLS) combined with Smart PLS 2.0 M3 program. Results of analysis indicate that there were influences from peers on desirable consumer decision making styles. Parents consumer socialization agent does not significantly influence the three of consumer decision making styles, while consumer socialization agent of television only influence significantly on undesirable consumer decision making style.

Kata Kunci : Consumer socialization agents,Gaya pengambilan keputusan konsumen, Consumer socialization agents (parents, peers, and television), Consumer behaviour, Consumer decision making style (desirable, undesirable, social/hedonistic)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.