Laporkan Masalah

Pengembangan sistem informasi kepegawaian berbasis jabatan fungsional di RSUP DR. Sardjito, Yogyakarta

SANTOSO, Totok Budi, Dr., Ir., Eko Nugroho, M.Si

2008 | Tesis | S2 Magister Teknologi Informasi

Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan sistem informasi kepegawaian yang sudah ada di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Hal ini terkait dengan perubahan Peraturan Pemerintah RI No 99 tahun 2000 tentang Kepegawaian yang ditetapkan oleh Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No: 139/Kep/M.Pan/11/2003 tentang Kenaikan Pangkat bagi pegawai negeri yang memiliki Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan. Oleh karena adanya Surat Keputusan tentang kenaikan pangkat berdasarkan jabatan fungsional, maka mengakibatkan proses bisnis kenaikan pangkat berubah. Pada sistem yang lama belum memberikan fasilitas penghitungan akumulasi angka kredit dan persyaratan lainnya, oleh karena itu perlu dilakukan penambahan pada sistem yang lama. Metode penelitian adalah fact-finding techniques seperti pemeriksaan dokumentasi dan wawancara pada Bagian Sumber Daya Manusia di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta. Pada sistem yang baru telah ditambahkan pula tools yang member informasi bahwa nilai angka kredit seorang pegawai telah tercapai, sehingga kenaikan pangkatnya dapat diproses. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa sistem yang telah dikembangkan memiliki fungsionalitas yang lebih baik, sehingga seorang pegawai yang akan naik pangkat tidak perlu untuk mengumpulkan berkasberkas lagi.

The goal of this research is to enhance the employment information system that has already exist in RSUP Dr.Sardjito, Yogyakarta in order to increase the useful of the system.This matter is related with the changes of Government Regulation RI no.99 year 2000 subject of Employment specified by Ministrial Decree of Utilization of State Official no : 139/Kep/M.Pan/11/2003 subject of Promotion for public servant owning Functional Occupation of Health. Along of the existence of Decree about promotion pursuant to functional occupation, hence change the result of the process of promotion. It is necessary to do an additional features at the old system as there is not yet given the enumeration of total count of credit and other conditions. Research method is to do the fact-finding technique such as document inspection and interviews at Human Resources Department at RSUP Dr.Sardjito, Jogyakarta.There is also an addition of tool that give information which is if the employee’s value of credit number has been reached, so that the promotion can be processed.The result of this research shows that the development system has working better, therefore an employee doesn’t have to collect his files to get his promotion

Kata Kunci : Jabatan fungsional,Fact,finding techniques,Human resource,Information system,Functional Occupation


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.