T Lub s

Strategi kampanye dalam Pilkada :: Studi kasus tentang strategi kampanye dalam Pilkada Walikota Magelang tahun 2005

Penulis

Lubis, Zulkifli

Pembimbing: Dr. I Ketut Putra Erawan, MA


ABSTRACT :………………………………………………………………. BAB I. PENDAHULUAN ................................................................. i ii iii iv v vi viii xii xiv xiv xv xviii 1 1 7 7 7 7 9 9 10 14 A. Latar Belakang .......................................................................... B. Perumusan Masalah .................................................................. C. Tujuan Penelitian ...................................................................... D. Kerangka Teoretis ..................................................................... 1. Sistem Pemilihan Kepala Daerah langsung ........................ 2. Kampanye ........................................................................... a. Pengertian Umum Kampanye ....................................... b. Kampanye Politik .......................................................... c. Tujuan dan Model Kampanye ....................................... viii

INTISARI : Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam proses pemilihan kepala daerah secara langsung merupakan perkembangan baru politik paling signifikan berkaitan dengan implementasi prinsip kedaulatan rakyat. Dalam setiap kegiatan Pemilihan Umum tidak pernah bisa lepas dari kampanye, termasuk didalamnya adalah Pemilihan Umum Kepala Daerah (PILKADA). dalam kampanye Pilkada memiliki spesifikasi yang disebabkan karena berberapa hal diantaranya adalah : 1) Isu yang diangkat bersifat local dan 2) Potensi konflik antar pendukung. Kampanye dalam Pilkada Penelitian ini dibatasi pada strategi kampanye yang dilakukan oleh juru kampanye calon walikota dan wakil walikota yang berasal dari dua partai besar sebagai pengusung calon walikota dan wakilnya yaitu partai Golkar dan Partai PDIP. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah : Mendiskripsikan strategi kampanye yang dijalankan tim sukses atau manajemen kampanye (partai politik pengusung calon) guna memenangkan calon yang diusung dalam suatu proses Pemilihan Umum Kepala Daerah langsung. Berbagai teori kampanye (political marketing) dan Pilkada Langsung dijadikan sebagai landasan teori dan landasan penarikan definisi teoritis dan definisi operasional penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tempat penelitian di Kota Magelang (Magelang Selatan dan Magelang Utara). Subjek penelitian adalah Tim Sukses Kampanye yang melaksanakan strategi kampanye Pilkada Magelang tahun 2005. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data digunakan metode triangulasi dengan 4 macam metodenya. Dari penelitian diperoleh hasil penelitian bahwa Pilkada Magelang 2005 melahirkan dua kubu yang mencoba memperebutkan simpati masyarakat guna memenangkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang diusungnya. Kubu tersebut adalah Kubu H.Fahriyanto-Drs.Noor Muhammad dan kubu Bambang Prajuritno, SH-Drs. Sutjipto. Dalam merencanakan dan melaksanaan kampanye ada perbedaan yang mencolok dari kedua kubu tersebut, 1) dalam hal wilayah kerja tim sukses, dimana tim sukses Pasangan calon H.Fahriyanto-Drs.Noor Muhammad menentukannya berdasarkan ketentuan sektoral/wilayah geografi, sedangkan pasangan calon Bambang Prajuritno, SH-Drs.Sutjipto berdasarkan wilayah kerja partai dari partai-partai politik yang mengusung pasangan calon yang bersangkutan, 2) positioning yang diambil kubu H. Fahriyanto-Drs. Noor Muhamad “Calon Pemimpin Putra Daerah Yang mengusung Hati Nurani Rakyat” dengan sasaran adalah segmen masa pemilih dari kalangan menengah kebawah, sedangkan Bambang Prajuritno, SH-Drs. Sutjipto menganmbil positioning “Good Government” dengan segmen sasaran adalah masa simpatisan partai politik pendukung 3) berdasarkan positioning tersebut dalam penerapan strategi Kubu Fahriyanto-Drs. Noor Muhamad menerapkan strategi reinforcement sedangkan kubu Bambang Prajuritno, SH-Drs. Sutjipto menerapkan strategi kampanye confrontation. 4) dalam penggalian dana Kubu H.Fahriyanto-Drs.Noor Muhammad tidak hanya mengandalkan dari sumbangan pasangan calon, akan tetapi juga dari pihak ketiga sedangkan kubu pasangan calon Bambang Prajuritno, SH-Drs. Sutjipto hanya mengandalkan sumbangan dari pasangan calon, dan 5) pemanfaatan massa tenang oleh tim sukses xvi

Kata kunci Pilkada,Strategi Kampanye
Program Studi S2 Ilmu Politik (Politik Lokal dan Otonomi Daerah) UGM
No Inventaris c.1 (0799-H-2008)
Deskripsi xix, 165 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2008
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali