T Set p

Penerapan prinsip kehati-hatian (Prudential banking) dalam pemberian kredit produktif kepada usaha kecil oleh Bank Badan Usaha Milik Negara Cabang Yogyakarta

Penulis

Setyawahyuningtyas, Lucia

Pembimbing: Prof.Dr. Siti Ismijati Jenie, SH.CN


INTISARI : PENERAPAN PRINSIP KEHATI-HATIAN DALAM PEMBERIAN KREDIT KEPADA USAHA KECIL PRODUKTIF OLEH BANK BADAN USAHA MILIK NEGARA CABANG YOGYAKARTA Oleh L. Setyawahyuningtyas1), Siti Ismijati Jennie2) Penelitian ini mengenai penerapan prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit produktif kepada usaha kecil oleh bank badan usaha milik negara cabang Yogyakarta, bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan prinsip kehatihatian yang dilakukan bank badan usaha milik negara cabang Yogyakarta dalam pemberian kredit produktif kepada usaha kecil yang berlaku pada saat ini, sehingga dapat memberikan perlindungan hukum bagi bank. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, yaitu penelitian bahan pustaka untuk mencari data sekunder, yang terdiri dari: bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Penunjang penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris, yaitu penelitian untuk mencari data primer yang ada di lapangan. Data yang terkumpul di analisis dengan pendekatan yuridis normatif berdasarkan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan prinsip kehatihatian dalam pemberian kredit terhadap usaha kecil produktif oleh bank-bank yang merupakan badan usaha milik negara cabang Yogyakarta pada prinsipnya sama yaitu melalui tahap-tahap seperti pengajuan permohonan, cek permohonan, survei, analisa yang terdiri dari :watak, kemampuan, modal, prospek usaha. Keputusan diambil berdasasrkan tahap-tahap tersebut. Proses pelaksanaannya tidak hanya berhenti di sini saja, melainkan perlu ada perjanjian kredit yang dituangkan dalam bentuk akta. Sehubungan perjanjian kredit masih belum cukup memberi perlindungan hukum bagi bank, maka perlu adanya Akta Pembebanan Hak Tanggungan yang sebelumnya didahului dengan Surat Kuasa Pembebanan Hak Tanggungan dengan tujuan untuk memberi perlindungan hukum bagi apabila debitur sewaktu-waktu ingkar/cidera janji.

Kata kunci Hukum Perbankan,Perjanjian Kredit,Prinsip Kehati,hatian
Program Studi S2 Ilmu Hukum (Magister Kenotariatan) UGM
No Inventaris c.1 (0571-H-2008)
Deskripsi x, 118 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2008
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali