Laporkan Masalah

Strategi pemasaran ekspor hasil olahan perikanan PT Global Tropical Seafood Karawang

MALIK, Jamaludin, Prof.Dr.Ir. Masyhuri

2008 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan sehingga dapat diketahui posisi perusahaan dalam penerapan strategi pemasarannya serta merumuskan strategi pemasaran yang diterapkan PT Global Tropical Seafood Karawang. Analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan adalah identifikasi kombinasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal (peluang dan ancaman). Semua instrumen dalam faktor internal dan eksternal yang diidentifikasi dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk mengetahui posisi perusahaan saat ini digunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua instrumen dalam faktor internal dan eksternal adalah valid dan reliabel untuk menentukan strategi pemasaran ekspor hasil olahan perikanan yang dilakukan oleh PT Global Tropical Seafood pada tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan dari hasil analisis SWOT, diketahui bahwa saat ini perusahaan berada pada kuadran I (pertama), suatu posisi yang sangat menguntungkan untuk menerapkan strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (growth oriented strategy). Berdasarkan perumusan strategi dalam analisis SWOT, maka strategi SO (Strengths and Opportunities) yang mendukung kebijakan pertumbuhan agresif yang dapat diterapkan PT Global Tropical Seafood adalah peningkatan bioteknologi untuk meningkatkan produksi, pengembangan dan peningkatan strategi bauran pemasaran, meningkatkan ketangguhan tim pemasar dalam melakukan ekspansi pasar, meningkatkan kerja sama dengan importir/distributor potensial di negara-negara tujuan ekspor, penetrasi pasar pada pasar perikanan internasional yang potensial serta pengembangan dan perluasan daerah pemasaran.

This research dedicated to identify the factors of strengths, weaknesses, opportunities, and threats in company's position for marketing strategy application, also to create the marketing strategy that applied in Global Tropical Seafood Co. (Ltd), Karawang. The analysis that use to evaluate the company's system are identified the internal factors combination (strengths and weaknesses), also external factors (opportunities and threats). All of the instruments in internal and external factors that identified, should be tested the validity and reliability. And to know the company's position for this time, SWOT analysis was used. Based on validity and reliability analysis's result, its explain that all of instruments in internal and external factors are valid and reliable to determine the export marketing strategy for fish handling crop of Global Tropical Seafood Co. (Ltd) on confident level at 95 %. SWOT's analysis result explain that for this time that the company is in first level (I quadrant), which is this position very beneficial to apply the strategy which support the growth oriented strategy. Based on the formula of SWOT's analysis strategy, so the SO's (Strengths and Opportunities) strategy that support the growth oriented strategy which is applied in Global Tropical Seafood Co. (Ltd) are raising biotechnology to increase production, developing and raising the marketing mix strategy, increasing the strength of sales team who is doing the market's expansion, increasing the relationship to cooperate with potential distributor in the export target countries, market's stimulate on fishery market which is very potential, also developing and expansion market area.

Kata Kunci : Strategi pemasaran ekspor, hasil olahan perikanan,export marketing strategy, fish handling crop


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.