Laporkan Masalah

Peran dewan Pendidikan Kota Jayapura dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan

AWOM, Rina Kurana, Dr. Anna Marie Watie

2008 | Tesis | S2 Magister Studi Kebijakan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bagaimana kontribusi Dewan Pendidikan kota Jayapura berkaitan dengan perannya dalam peninngkatan kualitas pelayanan pendidikan; 2) bagaimana respon Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Jayapura terhadap aspirasi masyarakat berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dua teknik pengumpulan data, yaitu wawancara dan dokumentasi. Informan kunci meliputi ketua Dewan Pendidikan kota Jayapura, sekertaris Dewan Pendidikan kota Jayapura, kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Jayapura, 3 orang dari pemerintah kota Jayapura, 1 orang anggota komisi E bidang pendidikan DPRD kota Jayapura, 1 orang Komite Sekolah, 1 orang organisasi profesi atau tenaga kependidikan, dan 1 orang kepala sekolah. Jika dengan informasi yang diperoleh ternyata masih diperlukan informasi yang lebih menjelaskan masalah penelitian, maka dilakukan teknik sampling bola salju, untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, sedangkan teknik dokumentasi dilakukan melalui penelusuran Surat Keputusan Walikota Jayapura No. 22 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Dewan Pendidikan kota Jayapura, tugas pokok peran dan fungsi Dewan Pendidikan, hasil-hasil rapat, pertemuan-pertemuan Dewan Pendidikan, dan laporan-laporan lain serta catatan lapangan yang relevan dan diangap dapat membantu dalam analisis data. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisisi menggunakan tiga alur kegitana, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Dewan Pendidikan kota Jayapura sudah dapat menjalankan perannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di kota Jayapura. Kontribusi tersebut dilihat melalui kemampuan Dewan Pendidikan melalui aksi-aksi mereka dalam program-progam kegiatan yang dijalankan bersama-sama dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Jayapura. Walaupun perannya sebagai pendukung dan mediator belum dijalankan secara maksimal. 2) Respon Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Pengajaran kota Jayapura terhadap aspirasi masyarakat terhadap peningkatan pelayanan pendidikan di kota Jayapura cukup baik, walaupun kadang terlambat. Hal tersebut dipengaruhi oleh persoalan birokrasi dalam pemerintahan, dan komitmen pemerimtah dalam memberdayakan Dewan Pendidikan, sehingga ada aspirasi-aspirasi masyarakat yang tidak tersalurkan, dan tidak terjawab.

The purpose of this research is to determine : 1) how Educational Council contribution in Jayapura City interlaced with their function on Educational service; 2) how far internal and external context influence optimalization Act and Function of Educational Council in Jayapura City to increase the education service quality. The study employed a blend of qualitative approach using two data collection techniques; interview and documentation. The key informants are Chairman and Secretary of Jayapura City Educational Board, Headman of Jayapura City Educational Department, three delegation of Jayapura City Government, one delegation of Regional Assembly Committee E Jayapura City Educational Board, one delegation of Schooling Committee, one delegation of Educational Organization, and one delegation of Headmaster. If the already collected information proved to be in need of information that further explains the research question, snow ball sampling technique will be employed to seek information that make possible to search for much more additional information. Documenting technique is applied through Mayor Decree of Jayapura No. 22 Year 2002 about Educational Council Foundation in Jayapura City, the duty principal of Educational Council, Educational Council meetings and issues, and other relevant reports, and field notes considered helpful in data analysis. The collected data will be analyzed using three activity schemes; data reduction, data presentation, and conclusion and vertification. The research finding shows that : 1) the implementation of Act and Function of Educational Council in Jayapura City is not carried out. The service of it is a formality because Educational Council in Jayapura City was controlled by Educational Board itself; 2) the internal and external context didn’t give it’s influence to Educational Council in optimalization Act and Function of Educational Council to increase the educational service quality.

Kata Kunci : Kualitas Layanan Pendidikan,Peran Dewan Pendidikan, Quality of Education Services, Role of the Board of Education


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.