Laporkan Masalah

Formulasi strategi PT Indopratama Teleglobal :: Dalam kompetisi industri telekomunikasi Indonesia

DARMAWAN, Erik, Harsono, Dr.,M.Sc

2007 | Tesis | Magister Manajemen

Berkembang pesatnya teknologi telekomunikasi membawa perubahan dalam industri telekomunikasi global. Bila sebelumnya hanya dikenal teknologi telepon kabel dan selular, maka kini ada teknologi telepon melalui jaringan internet atau yang lebih dikenal dengan sebutan Voice over Internet Protocol (VoIP). Hal ini juga terjadi di industri telekomunikasi Indonesia. Para penyedia jasa layanan telekomunikasi baik yang incumbent maupun baru, berlomba-lomba untuk memperebutkan peluang bisnis yang mempunyai profit cukup tinggi ini. Subyek dari penelitian ini adalah PT. Indopratama Teleglobal. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan suatu alternatif strategi bisnis baru untuk PT. Indopratama Teleglobal dengan menganalisis faktor-faktor baik internal maupun eksternal dan evaluasi dari strategi bisnis yang dijalankan sekarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dan deskriptif, wawancara dan studi pustaka. Faktor eksternal didapat dengan menganalisis lingkungan bisnis umum (politik, hukum, ekonomi, teknologi dan demografi sosial budaya), Porter competitive forces analysis, driving forces dan key success factors analysis. Sedangkan faktor internal didapat dengan menganalisis faktor rantai nilai perusahaan. Strategi alternatif disusun dengan cara menggabungkan hasil dari kedua analisis lingkungan tersebut menjadi suatu matriks SWOT (Strengh, Weakness, Opportunity and Threat). Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk dapat mempertahankan eksistensinya dan memenangkan persaingan, PT. Indopratama Teleglobal dapat menerapkan strategi fokus diferensiasi. Fokus pada segmen pasarnya dan membuat diferensiasi produk dengan cara memberikan cakupan layanan nomor tujuan yang lebih luas, mempertahankan kualitas dan keunikan produk, menambah kegiatan promosi, memperluas jaringan distribusi serta memperbaiki kualitas dari layanan konsumen.

Rapid growth of telecommunication technologies makes a lot of changes in global telecommunication industry. If for the past few years this industry only have wired and wireless telephone system, nowadays we have telephone system using internet infrastructure that called Voice over Internet Protocol (VoIP). This new technology also influence Indonesia Telecommunication industry. Many telecommunications service provider both incumbent player or new comer, try to find opportunitty in this new high profit business. The subject of this research is PT. Indopratama Teleglobal. The aim of this research is to formulate new alternative of business strategy for PT. Indopratama Teleglobal using internal and external analysis with evaluation of current business strategy. The methods that used for this research are qualitative and descriptive analysis, interview and literature study. The external factor is analysed by general business environment analysis (such as political, law, economic, technology, demographic and sosial culture). Porter’s competitive forces analysis, driving forces analysis and keys success factors analysis. The internal factor is analysed by value chain analysis. Both of these factors are combined into SWOT (strengh, weakness, opportunity and threat) analysis as basic substances to formulates alternative business for the company. The result of this research found that to survive in this tight competition and win the market, PT. Indopratama Teleglobal may apply focus-differations strategy. Focus on their market segmen and create a product differentiation by broadening their destination call coverage, maintain quality and uniqueness of the product, aggressive promotion activities, develop strong distribution channels and improve customer care services.

Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Industri Telekomunikasi,VoIP, internet telephony, GSM, telecommunication industry


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.