T Man p

Perlindungan hukum terhadap konsumen para pemegang kartu kredit pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pontianak

Penulis

Manuaba, Ida Bagus Oka Saputra

Pembimbing: Prof.Dr. Nindyo Pramono, SH.,MS


ABSTRACT : by: Ida Bagus Oka Saputra Manuaba 1, Nindyo Pramono 2, Mustafa 3 The research about legal protection toward customer of credit card holder of PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Pontianak Branch Office aims to know whether bank as the credit card issuer give legal protection to the credit card holder when credit card holder experience loss because of other parties and to know what kind of efforts that can be conducted by credit card holder to the bank as the credit card issuer in case of experiencing loss because of other parties. This research is a normative sociological research/ descriptive non-doctrine. The research result shows that credit card holder, as the customer, in the precontract, contract, and post-contract level of credit card, conveys some complaints/problems related to the uncompleted and comprehensive information from the credit card issuer to the credit card holder, inefficiency in the complaint handling, standard clause, and the credit card crime related to unauthorized use of credit card toward the credit card of legal holder. Credit card holder in every level of contract (pre-contact, contact, and postcontract) has not obtained the protection related to the rights and interests of credit card holder that should be owned as stated in the Customer Protection Law, especially in the Article 4 and Article 18. The efforts that can be conducted by credit card holder in all level of contract are only administrative effort. Key words: customer protection, the rights of customer has not been protected, the effort to protect the rights of customer.

INTISARI : Oleh: Ida Bagus Oka Saputra Manuaba 1, Nindyo Pramono 2, Mustafa 3 Penelitian ini mengenai perlindungan hukum terhadap pemegang kartu kredit pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, kantor cabang Pontianak yang bertujuan untuk mengetahui apakah bank sebagai penerbit kartu kredit memberikan perlindungan hukum kepada pemegang kartu kredit apabila pemegang kartu kredit mengalami kerugian akibat perbuatan pihak lainnya dan untuk mengetahui upayaupaya apa saja yang dapat dilakukan pemegang kartu kredit kepada pihak bank selaku penerbit kartu kredit dalam hal pemegang kartu kredit mengalami kerugian akibat perbuatan pihak lainnya. Penelitian ini termasuk penelitian hukum sosiologis normatif/ non doktrinal yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pemegang kartu kredit yang merupakan konsumen, baik dalam tahap pra perjanjian kartu kredit, tahap perjanjian kartu kredit dan purna perjanjian kartu kredit, didapatkan berbagai keluhan/ permasalahan yaitu dari pemberian informasi yang tidak utuh dan menyeluruh dari penerbit kartu kredit kepada pemegang kartu kredit, kurang efisiennya penanganan keluhan/ permasalahan melalui saran yang disediakan oleh penerbit kartu kredit dalam hal ini oleh Bank Negara Indonesia (BNI), masalah klausula baku dan menyangkut adanya kejahatan yaitu pembobolan kartu kredit terhadap kartu kredit dari pemegang yang sah. Pemegang kartu kredit baik dalam tahap pra perjanjian kartu kredit, tahap perjanjian kartu kredit dan purna perjanjian kartu kredit, belumlah mendapatkan perlindungan akan hak dan kepentingan pemegang kartu kredit yang seharusnya dimilikinya sesuai yang diisyaratkan oleh ketentuan Undang-Undang Perlindungan Konsumen terutama dalam kaitannya dengan ketentuan pasal 4 dan pasal 18. Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh pemegang kartu kredit apabila merasa dirugikan hak dan kepentingannya dalam semua tahapan perjanjian hanya dapat menempuh upaya administratif belaka Kata kunci : perlindungan konsumen kartu kredit, hak konsumen kartu kredit belum terlindungi, upaya melindungi hak pemegang kartu kredit.

Kata kunci Perlindungan Hukum,Konsumen Kartu Kredit
Program Studi S2 Ilmu Hukum (Magister Hukum Bisnis) UGM
No Inventaris c.1 (1893-H-2007)
Deskripsi x, 134 p., bibl., ills., 30 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2007
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali