T 632.937 Dia p

Pengendalian hayati penyakit layu bakteri pada tembakau dengan pseudomonad fluoresen

Penulis

Diany, Vera

Pembimbing: Dr.Ir. Triwidodo Arwiyanto, M.Sc


ABSTRACT : I. 11. . w e V vi i X xvi xvii xix xx 1 4 PENDAHULUAN TINJAUAN PUSTAKA A. Penyakit Layu Bakteri 1. Penyebaran dan arti penting 2. Gejala penyakit 3. Deskripsi bakteri 4 4 5 5 7 B. Pengendalian Hayati Penyakit Layu Bakteri III. HIPOTESIS IV. 12 13 13 15 BAHAN DAN METODE PENELITIAN A. Bahan dan Alat Penelitian B. Metode Penelitian vii 1. Uji patogenisitas pseudomonad fluoresen 2. Rancangan penelitian 3. Percobaan di rumah kaca 4. Identifikasi pseudomonad fluoresen 15 16 16 24 25 25 28

INTISARI : Pseudomonad fluoresen yang diisolasi dari rizosfer mimosa (M. i n v i s a ) telah diuji kemampuannya untuk menekan perkembangan bakteri layu tembakau di rumah kaca. Pencelupan akar selama 90 menit dalam suspensi pseudomonad fluoresen strain TD1-Pf9A l o 9 cfu/ml dan P. solanacearum l o 6 cfu/ml menekan perkembangan layu bakteri sekitar 91%, dalam suspensi strain TD1-Pf51A sekitar 8 3 % , dan TD1-Pf69 sekitar 67%. Dari analisis regresi-korelasi diketahui populasi antagonis mempengaruhi populasi patogen dan bakteri lain, ha1 ini mungkin terjadi karena antibiotik atau siderofor yang dihasilkan oleh antagonis. Populasi antagonis hanya sedikit mempengaruhi populasi jamur. Sekitar 60% perkembangan populasi jamur dipengaruhi oleh perkembangan populasi bakteri lain, sementara itu bakteri lain juga mempengaruhi populasi patogen sekitar 50%. Sedangkan dinamika populasi patogen tidak dipengaruhi oleh populasi jamur . Pseudomonad fluoresen tidak meningkatkan pertumbuhan tanaman tembakau yang ditanam pada tanah steri-3 di rumah kaca.

Kata kunci Pengendalian Hama Secara Hayati,Penyakit Layu Bakteri,Pseudomonad Fluoresen
Program Studi S2 Fitopatologi UGM
No Inventaris c.1 (1058/H/98)
Deskripsi xx, 93 p., bibl., il., 29 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 1998
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali