Laporkan Masalah

Efek Role Model's Influence pada materialisme dan Marketplace Knowledge remaja

WAHYUARINI, Tri, Prof.Dr. Basu Swastha Dh., MBA

2007 | Tesis | S2 Manajemen

Masa remaja adalah masa pencarian identitas diri, yang dalam proses penemuan jati diri tersebut, remaja seringkali mendapatkan berbagai pengaruh dari luar dirinya. Sosialisasi konsumen menyatakan bahwa dalam mengembangkan keahliannya sebagai seorang konsumen, remaja akan mendapatkan pengaruhpengaruh dari berbagai sumber, baik yang berhubungan langsung maupun tidak langsung, yang disebut sebagai role model. Remaja menjadikan sumber-sumber pengaruh tersebut sebagai point perbandingan atau referensi dan menjadikan mereka panutan untuk suatu perilaku tertentu. Proses sosialisasi konsumen itu sendiri akan menghasilkan suatu properti pembelajaran yang berhubungan dengan proses pembelian dan konsumsi. Tujuan dari riset ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh dari direct role model (ibu, ayah dan teman) dan vicarious role model (selebriti dan atlet), pada sikap materialisme dan marketplace knowledge remaja. Penelitian ini menggunakan 281 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari vicarious role model selebriti dan atlet pada materialisme remaja dan ada pengaruh dari vicarious role model selebriti dan atlet pada marketplace knowledge remaja

Adolescence is the time when teenagers are searching for self actualization. In doing searching process, teenager usually get some influence from other people. Consumer sosialization stated that in order to enhance their consumer skills, teenager will get lots of influence from various sources, who identified as anyone that the individual comes into contact with, directly or indirectly (vicarious), labeled as role model. Teenager consider these role model as point of reference for specific attitude or behavior. The socialization process will create some learning properties that connected to purchasing and consumption activities. This research is designed to analyze empirically, the effect of direct role model influence and vicarious role model influence on adolescents’ materialism and marketplace knowledge. The direct role model are mother, father and peer, while the vicarious role model are celebrity and athlete. For this purpose, a sample involving 281 teenager selected by using purposive sampling. Data collection was conducted by asking respondents to answer questionnares. Data analysis was done by using simple regression. The result of analysis shows that vicarious role model’s influence celebrity positively influence adolescents’ materialism and marketplace knowledge. And vicarious role model’s influence athlete also positively influence adolescents’ materialism and marketplace knowledge.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Role Model's Influence,Remaja, direct role model, vicarious role model, materialism, marketplace knowledge, celebrity, athlete, and adolescent


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.