T Set s

Sistem Informasi Spasial lokasi rumah kos di wilayah Yogyakarta

Penulis

Setyohadi, Dwi Putro Sarwo

Pembimbing: Dra. Sri Hartati, MSc.,PhD


ABSTRACT : Yogyakarta population growth rapidly over the years. Which cause demand of bording houses are increasing. A lot of people come from the outside of Yogyakarta having an aim or interest to proceed their study or just to stay for a while. Because of Yogyakarta city becomes an “education city” and tourism destination, the effect from both icons is the needs of bording houses that capable for staying temporarily. The Spatial Information System is required to resolve the problems, because with this system someone can choose a bording house accurately and easily without knowing the detail of Yogyakarta City before. User can locate the point object of bording house according to criteria he/she wants. Besides of its capability of locating the bording house object, the system will give information that are retrieved from the object. With “ SPATIAL INFORMATION SYSTEM OF BORDING HOUSE LOCATION IN YOGYAKARTA COVERAGE AREA, is able to help user to find ,locate, and retrieve a detail information of bording house in Yogyakarta in a simple way. Key Words : Spatial Information System, Point Object

INTISARI : Populasi di Yogyakarta mengalami peningkatan dengan cepat dari tahun ke tahun. Yang menyebabkan kebutuhan akan rumah kos juga meningkat. Banyak orang berdatangan dari luar Yogyakarta sebagai kota tujuan, ataupun tempat untuk melakukan studi mereka atau hanya untuk tinggal beberapa saat. Karena kota Yogyakarta menjadi “kota pendidikan” dan tujuan pariwisata, maka efek dari dua ikon tersebut adalah adanya kebutuhan rumah kos yang dapat dipergunakan untuk tinggal beberapa saat. Sistem Informasi Spasial dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah diatas, karena dengan sistem informasi spasial sesorang dapat memilih rumah kos dengan mudah dan akurat tanpa harus mengenal kota Yogyakarta sebelumnya. Pemakai dapat menetapkan tempat objek titik rumah kos sesuai dengan kriteria yang diinginkannya. Selain kemampuan untuk menetapkan objek rumah kos, sistem akan memberikan informasi yang berasal dari objek yang bersangkutan. Dengan “Sistem Informasi Spasial Lokasi Rumah Kos Di Wilayah Yogyakarta” dapat membantu pemakai untuk mencari, menetapkan, dan mendapatkan informasi tentang rumah kos di yogyakarta dengan cara yang mudah.

Kata kunci Sistem Informasi Spasial,Lokasi Rumah Kos
Program Studi S2 Ilmu Komputer UGM
No Inventaris c.1 (0834-H-2007)
Deskripsi xiii, 63 p., bibl., ills., 30 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2006
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali