Laporkan Masalah

Pengaruh Product Involvement terhadap kesetiaan pada suatu merek

LAYNERA, Hansen, B.M. Purwanto, Dr.,MBA

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Lingkungan bisnis saat ini semakin kompetitif dan bergerak dalam hitungan yang sangat cepat sehingga membutuhkan berbagai persiapan dan perencanaan matang dari pelaku bisnis tersebut untuk dapat survive dan berkembang dalam lingkungan tersebut. Pemasaran sebagai salah satu bidang di dalam suatu perusahaan yang bertindak sebagai ujung tombak perusahaan adalah salah satu bidang yang juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Para pemasar saat ini sudah sangat jeli dalam melihat dan memanfaatkan berbagai kesempatan yang ada di pasar untuk dapat memperoleh keuntungan baik itu finansial maupun citra merek mereka. Salah satu cara untuk memperoleh berbagai keuntungan tersebut adalah dengan mengelola pelanggan yang mereka miliki untuk lebih loyal terhadap merek yang perusahaan tawarkan di pasar. Bukan suatu pekerjaan mudah bagi perusahaan untuk melakukan hal tersebut terlebih lagi dengan banyaknya pesaing yang ada di pasar serta keterbatasan sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan. Kesetiaan pada merek oleh pelanggan bisa diperoleh oleh perusahaan dengan melihat seberapa besar pelanggan terlibat dengan suatu produk atau merek yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh keterlibatan pada produk terhadap kesetiaan pelanggan pada suatu merek. Penelitian ini melibatkan 150 orang responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu convenience sampling. Dengan menggunakan 40 butir pertanyaan yang terdiri dari 20 pertanyaan tentang kategori high involvement product dan 20 pertanyaan tentang kategori low involvement product. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 12.0, dengan menggunakan uji Anova, regresi sederhana dan Chow test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik kategori high involvement product maupun kategori low involvement product ternyata mempunyai tingkat kesetiaan yang tinggi terhadap suatu merek.

Now days, the business environment become more competitive and fast that need the marketer to be prepare and make some planning in order to survive and develop. Marketing as a part in the company is an important aspect that it has been developed. The marketers became more details in optimizing their opportunities in the market to gain benefits like financials or brand image. One of the efforts to take those changes is to maintain their customers to be loyal with their product in the market. It is not easy for the company to make it happen with the condition where there are so many competitors in the market and their limitations in their resources. The customers’ brand loyalty can be achieved if the marketers can understand how the customer involved with their product. The objective of this research is to measures the effect of product involvement on brand loyalty. This research involved 150 respondents with the convenience sampling techniques. It contains 40 questions which divided into two categories, i.e. high involvement product and low involvement product, and consists of 20 questions each. The researcher then analyzed the data by using SPSS version 12.0, in the scope of ANOVA test, simple regression, and Chow test. The result of this research showed that both categories of high and low involvement product have a high brand loyalty toward a certain product.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Perilaku Konsumen,Merek, product involvement and brand loyalty


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.