Laporkan Masalah

Prestasi akademis remaja berbakat :: Identifikasi faktor yang berperan

MARTANI, Wisjnu, Promotor Prof.Dr. Franz J. Monks

2005 | Disertasi | S3 Psikologi

Prestasi akademis merupakan cermin dari keberbakatan seseorang. Remaja berbakat secara potensial memiliki kelebihan dibanding dengan remaja pada umumnya. Namun untuk mewujudkan keberbakatannya menjadi suatu prestasi akademis, tidak terjadi secara otomatis. Faktor intrapersonal seperti kemandirian dan konsep diri diduga mempunyai pengaruh dalam mewujudkan keberbakatan menjadi prestasi akademis; demikian pula faktor lingkungan seperti dukungan orangtua, dukungan dari teman sebaya serta dukungan guru di sekolah diperkirakan mempunyai hubungan dengan prestasi akademis pada remaja berbakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang berperan dalam pencapaian prestasi akademis remaja berbakat. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 111 orang remaja berbakat yang sedang bersekolah di tingkat SMP di kota Yogyakarta. Jumlah subjek tersebut diperoleh melalui penjaringan dengan menggunakan kriteria inteligensi di atas rata-rata, komitmen terhadap tugas dan kreativitas yang tinggi. Pengungkapan dukungan orangtua, dukungan teman sebaya dan dukungan guru di sekolah dilakukan dengan menggunakan skala dukungan. Adapun untuk mengetahui konsep diri dan kemandirian subjek digunakan skala konsep diri dan skala kemandirian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Prestasi akademis remaja berbakat dipengaruhi oleh faktor intrapersonal yang terdiri dari konsep diri dan kemandirian, dan faktor lingkungan yang terdiri dari dukungan guru, orangtua, dan teman sebaya (F=4,444 dengan p=0,0000). Determinasi dari kedua faktor tersebut adalah sebesar 17,446% Telah teridentifikasi faktor yang berperan terhadap prestasi akademis remaja berbakat, yaitu faktor kemandirian. Determinasi dari faktor lain relatif kecil; dan kemandirian merupakan faktor yang paling banyak berperan dalam mencapai prestasi akademis secara keseluruhan maupun prestasi dalam beberapa mata pelajaran. Dukungan orangtua dan guru terhadap remaja putri berbakat dan remaja putra berbakat tidak ada perbedaan . Namun teman sebaya memberikan dukungan yang lebih besar terhadap remaja putri berbakat

Academic performance is known as a reflection of giftedness. Gifted adolescents are persons who had higher potential ability than their peers. To convey their potential to become an academic performance is not an automatically process, even though they are gifted adolescents. There are intrapersonal factors, such as selfconcept and autonomy, and environmental factors which consist of parental support, peer support and school- teacher support, which are assumed to influence gifted adolescents in achieving their academic performance. This research intended to identify factors which influenced gifted adolescents to gain academic performance. There are 111 gifted adolescents involved in this research as subjects. Some instruments are used in this research, in order to explore self concept, autonomy, parental support, peer support and shool teacher support. Some data were collected, and they are analysed by using regression analysis, to find out the factors that affect academic performance of gifted adolescents. The result showed that Academic achievement of gifted adolscents is influenced by intrapersonal factors which consist of self concept and autonomy , and environmental factors tha t contain of parental support, peer-support and school teacher support . The determination of those factors to academic achievement 17,446%. Factors which are dominant to gain academic performance have been identified. Autonomy could estimate the value of academic performance, and have greater effective determination (9,020%). Peer group support have 4,280 % effective determination to academic achievement. The determination of other factors to academic performance was inconsiderable. Academic achievement in various field also affected by intrapersonal and environmental factors. Especially in Mathematics and Social Science Gifted girls have higher support from the peer group than gifted boys. But they received same support from their parents and teacher.

Kata Kunci : Remaja Berbakat,Prestasi Akademis,Kemandirian dan Konsep Diri, gifted adolescents, academic performance, autonomy, self-concept, parental support, peer support and school teacher support


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.